​Mengenal Laut Hitam, kenapa bisa dinamakan Laut Hitam?

Jumat, 18 September 2020 | 12:04 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Mengenal Laut Hitam, kenapa bisa dinamakan Laut Hitam?

ILUSTRASI. Kapal transportasi cepat kelas Spearhead USNS Yuma milik Angkatan Laut AS terlihat memasuki perairan Laut Hitam.

KONTAN.CO.ID - Saat ini, ketegangan terjadi di Laut Hitam. Hal itu seiring kehadiran kapal perang Amerika Serikat (AS) di perairan yang juga menjadi halaman Rusia tersebut. 

Dikutip dari pemberitaan Kontan.co.id, Kamis (17/9/2020), dua kapal Angkatan Laut AS memasuki Laut Hitam di waktu yang berbeda. Yakni, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Roosevelt (DDG 80) dan kapal transportasi cepat kelas Spearhead USNS Yuma. 

Lewat akun Twitter-nya, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengumumnkan, USS Roosevelt memulai transit ke Utara dalam perjalanan ke Laut Hitam pada Selasa (15/9). Sejurus kemudian, USNS Yuma memulai transit ke Utara menuju Laut Hitam pada Rabu (16/9). 

Kehadiran USS Roosevelt maupun USNS Yuma di Laut Hitam, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengatakan, untuk memulai operasi maritim rutin.

Lantas, di mana letak Laut Hitam?

Baca Juga: Sukhoi Rusia sibuk adang pesawat tempur AS di Laut Hitam dan Laut Baltik

Letak Laut Hitam

Dirangkum dari Britannica, Laut Hitam terletak di Eurasia dan memiliki area seluas 436.400 kilometer persegi. Laut ini dikelilingi oleh Eropa, Kaukasus, dan Anatolia. 

Negara-negara yang berbatasan dengan Laut Hitam adalah Ukraina di Utara, Rusia di Timur Laut, Georgia di timur, Turki di Selatan, serta Bulgaria dan Rumania di Barat. Perairan ini juga dikelilingi oleh Pegunungan Pontic, Kaukasus, dan Krimea masing-masing di Selatan, Timur, dan Utara. 

Selain itu, juga dibatasi oleh pegunungan Strandzha di Barat Daya dan Dataran Tinggi Dobrogea di Barat Laut. Dengan kedalaman maksimum 2.212 meter, laut ini merupakan pertemuan sejumlah sungai, seperti Danube, Southern Bug, Dnieper, Rioni, dan Dniester. 

Laut Hitam terhubung dengan Laut Mediterania melalui Selat Bosporus, kemudian melalui Laut Marmara dan Selat Dardanelles. Laut Hitam juga terhubung dengan Laut Aegea dan Laut Kreta sebelum bertemu dengan Laut Mediterania.

Baca Juga: Saat ketegangan Laut China Selatan mereda, giliran Laut Hitam memanas

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru