kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengenal Wristhwacht, alat pendeteksi metabolisme tubuh otomatis


Kamis, 13 Februari 2020 / 03:30 WIB
Mengenal Wristhwacht, alat pendeteksi metabolisme tubuh otomatis

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - Wow! Para ilmuwan berhasil menciptakan alat yang bisa mendeteksi metabolisme tubuh manusia secara otomatis. Mereka memberi nama alat itu: Wristwacth.

Seperti namanya, Wristwacth berbentuk seperti jam tangan. Bedanya, alat ini tidak dibekali jarum penunjuk angka. 

Alat canggih ini mampu mengidentifikasi masalah kesehatan dan metabolisme penggunanya. Tidak hanya itu, Wristwacth sanggup mendeteksi dehidrasi dan merekomendasikan pemulihan kondisi fisik tubuh.

Baca Juga: Keren, ilmuwan berhasil menciptakan alat portabel pengukur mikroba di laut

Teknologi ini cocok untuk para atlet karena memudahkan para pelatih mengetahui kondisi fisik mereka. Dengan begitu, pelatih bisa merekomendasikan jenis latihan apa yang cocok untuk meningkatkan kinerja fisik atlet.

Sampai saat ini, para ilmuwan masih melakukan ujicoba terhadap Wristwacth. Mereka ingin memastikan alat canggih ini bisa digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu panjang. 

Sekadar info, para peneliti menerbitkan proyek penelitian berkelanjutan ini di dalam Journal Biosensors and Bioelectronics. Proyek penelitian ini mendapat pendanaan dari National Science Foundation (NSF). 

Baca Juga: Penggundulan hutan Amazon meningkatkan penularan penyakit malaria

"Kami bangga dengan penelitian ini karena memberikan dampak besar pada kehidupan manusia," kata Sandra Cruz-Pol, Direktur Program Direktorat Teknik NSF, mengutip situs National Science Foundation.




TERBARU

Close [X]
×