kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menggandeng investor agar bisa bersaing (2)


Rabu, 26 April 2017 / 15:29 WIB
Menggandeng investor agar bisa bersaing (2)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Wang Wei, pemilik Shunfeng Express Group cukup luwes menjalankan bisnisnya. Untuk mengembangkan bisnis pengiriman barang, Wei memutuskan menggandeng investor. Padahal sebelumnya, pria berusia 46 tahun ini ogah mengundang investor masuk. Tapi, akhirnya dia harus realistis. Terbukti, masuknya mitra baru membuat SF Express berkembang dan bisa bersaing dengan para kompetitor, bahkan menjadi pemain terbesar di kawasan China.

Kekayaan Wang Wei, pengusaha yang bergerak di bidang logistik Shunfeng (SF) Express Group merangsek naik usai mencatatkan saham perdana di pasar saham. Hingga 25 April 2017, nilai kekayaan Wei mencapai US$ 18,9 miliar. Dengan harta sebanyak itu, pria berusia 46 tahun ini tercatat menjadi orang kaya nomor empat di China dan nomor 60 di dunia.

Perkembangan bisnis jasa pengiriman yang dimiliki Wei tidak tumbuh tanpa bantuan. Mengutip ecommerceiq.asia pada 2013, Wei menjual 25% saham ke konsorsium investor dari Hong Kong yang dipimpin oleh CITIC Capital Holdings Limited. Walaupun belum jelas berapa nilai investasi pemodal Hong Kong, masuknya investor ke SF Express Group ini cukup menjadi perhatian.

Hal ini karena sebelumnya Wei berprinsip tidak akan memasukkan investor baru dalam perusahaan. Masuknya investor ini merupakan yang pertama sejak 1993 perusahaan ini berdiri. Sebelum tahun 2013, Wei tidak terlalu banyak berurusan dengan investor dan media. Mengutip FT.com, beberapa investor bahkan berani membayar sejumlah uang agar bisa bertemu dan berbicara dengan Wei. Setelah masuknya investor baru ini, Wei menjadi sedikit terbuka dengan investor.

Selain itu, opsi masuk ke pasar modal juga menjadi perhatian Wei. Sebab, menurut Wei, dana dari pasar modal ini bisa digunakan perusahaan untuk bertumbuh.

Apalagi dengan semakin banyaknya pesaing yang masuk pasar modal. Dus, Wei harus memikirkan strategi untuk mendapatkan dana yang cukup cepat dari pasar modal. Ditambah lagi beberapa kompetitor melakukan perang harga untuk membetot perhatian pelanggan.


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×