kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Miliarder Hong Kong yang jeli melihat peluang investasi properti (2)


Jumat, 13 September 2019 / 12:00 WIB

Miliarder Hong Kong yang jeli melihat peluang investasi properti (2)

KONTAN.CO.ID - Rita Tong Liu merupakan salah satu wanita tangguh. Saat memiliki suami kaya raya, Liu tidak berpuas diri. Ia memilih mengambil jalan untuk berbisnis. Ternyata bakat berbisnis itu ia dapat dari ibu dan neneknya yang juga terjun ke dunia bisnis. Liu jeli melihat properti yang sedang naik daun dan sedang melemah. Bermodalkan hadiah dan warisan dari keluarganya, Liu kini memiliki banyak properti di Hong Kong. Liu dianggap ratu properti di Hong Kong.

Rita Tong Liu telah mengubah hadiah satu juta dollar dari ayah mertuanya menjadi portofolio di Hong Kong dan kekayaan pribadi senilai US$ 4 miliar. Pada awal 1970-an ia menerima uang dari keluarga suaminya, senilai HK$ 1 juta untuk mulai berinvestasi.

Suaminya adalah anak kedelapan dari sembilan putra Liu Po-shan, pendiri Chong Hing Bank. Keduanya memiliki hubungan cinta yang mendalam sejak sekolah menengah. Setelah menuntaskan studi di Amerika Serikat (AS), ia mencoba bekerja di Chong Hing Bank tetapi dia merasa tertekan dan akhirnya berhenti.

Liu memutuskan menjalankan bisnis sendiri, tapi sempat ditentang oleh suaminya. Wanita berusia 71 tahun ini meminta izin keluarga suaminya untuk berusaha dan ia bahkan menerima uang dari keluarga suaminya HK$ 1 juta untuk mulai berinvestasi.

Ia ingat bahwa uang senilai HK $ 1 juta atau setara US$ 127.551 dengan nilai tukar saat ini telah memberikannya dasar untuk memulai karier. Ini adalah jumlah uang yang besar pada saat itu, kenang Liu.

Pada tahun 1970-an, uang sebesar itu bisa membeli apartemen Taikoo Shing seluas 55 meter, sebuah perumahan umum di Hong Kong. Saat ini, nilai apartemen berukuran serupa di Taikoo Sing sudah berharga HK$ 12 juta atau setara US$ 1,5 juta. Dibandingkan membeli apartemen di tengah kota, dia justru membeli tanah dan properti di Macau, melanjutkan bisnis real estat kakek nenek dan ibunya dengan mendirikan perusahaan properti Gate Well Group bersama suaminya pada tahun 1976.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Tri Adi

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×