kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Militer Israel: Pertempuran di Bagian Utara Gaza Telah Berakhir


Jumat, 31 Mei 2024 / 19:52 WIB
Militer Israel: Pertempuran di Bagian Utara Gaza Telah Berakhir
ILUSTRASI. Pasukan Israel telah mengakhiri operasi tempur di daerah Jabalia, Gaza utara. REUTERS/Osama Abu Rabee


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - YERUSALEM. Pasukan Israel telah mengakhiri operasi tempur di daerah Jabalia, Gaza utara, setelah menghancurkan lebih dari 10 kilometer terowongan selama beberapa hari pertempuran sengit yang melibatkan lebih dari 200 serangan udara, kata militer pada hari Jumat.

Di ujung selatan Gaza, pasukan Israel yang melakukan serangan ke Rafah menemukan peluncur roket dan senjata lainnya serta terowongan-terowongan yang dibangun oleh Hamas di pusat kota, kata militer. Pasukan Israel yang dipimpin oleh tank-tank bertujuan untuk memecah formasi tempur Hamas di kota yang berbatasan dengan Mesir itu.

Dalam sebuah update mengenai pertempuran sengit selama lebih dari dua minggu di Jabalia, militer Israel mengatakan bahwa pasukannya telah menyelesaikan operasi mereka dan menarik diri untuk mempersiapkan operasi lainnya di Gaza.

Selama operasi tersebut, pasukan menemukan tujuh dari 250 sandera yang diculik oleh militan pimpinan Hamas ketika mereka menyerbu masuk ke Israel pada 7 Oktober tahun lalu dan menewaskan sekitar 1.200 orang, menurut perhitungan Israel.

Baca Juga: Hamas Tolak Perundingan Kecuali Israel Menghentikan Perang di Gaza

Sejak saat itu, lebih dari 36.000 warga Palestina telah terbunuh dalam perang udara dan darat Israel di Gaza, kata kementerian kesehatan yang dikelola Hamas, dan sebagian besar daerah kantong yang padat penduduknya itu telah menjadi reruntuhan.

Di Jabalia, sebuah distrik perkotaan yang padat yang dihuni oleh para pengungsi dari perang pendirian Israel tahun 1948 dan keturunan mereka, Hamas mengubah wilayah sipil menjadi sebuah kompleks tempur yang dibentengi, kata pernyataan militer.

Dikatakan bahwa pasukan Israel menewaskan ratusan militan dalam pertempuran jarak dekat dan menyita sejumlah besar persenjataan dan menghancurkan peluncur roket yang siap digunakan.

Di bawah tanah, pasukan Israel melumpuhkan jaringan terowongan yang dipenuhi senjata sepanjang lebih dari 10 km dan menewaskan komandan batalyon distrik Hamas, katanya.

Israel menyalahkan apa yang disebutnya sebagai penempatan pejuang Hamas secara sengaja di daerah pemukiman atas tingginya jumlah korban sipil dalam perang tersebut. Hamas membantah menggunakan warga sipil sebagai penyamaran bagi para pejuangnya.

Jabalia telah dihantam pertempuran sengit selama berminggu-minggu, menggarisbawahi kesulitan Israel dalam menghancurkan unit-unit Hamas.

Baca Juga: Serangan Fajar Pasukan Israel di Rafah Menewaskan Sedikitnya 12 Warga Palestina

Ada beberapa minggu pertempuran sengit di Jabalia pada tahap awal kampanye Israel dan pada bulan Januari, militer mengatakan bahwa mereka telah membunuh semua komandan Hamas dan melenyapkan formasi tempur kelompok yang berkuasa di Gaza itu di daerah tersebut.

Sumpah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membasmi Hamas sebagai sebuah kekuatan tempur dan politik telah bertentangan dengan akar kelompok Islamis tersebut yang telah mengakar kuat dalam tatanan sosial Gaza.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Israel pada hari Rabu untuk membuat rencana pasca-perang untuk Gaza, memperingatkan bahwa tanpa rencana tersebut, kemenangan militer lebih lanjut mungkin tidak akan bertahan lama, dan pelanggaran hukum, kekacauan, serta kembalinya Hamas dapat terjadi.




TERBARU

[X]
×