kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Militer Rusia sebut serangan AS di Idlib Suriah mengancam gencatan senjata


Senin, 02 September 2019 / 12:26 WIB
Militer Rusia sebut serangan AS di Idlib Suriah mengancam gencatan senjata
ILUSTRASI. Parade militer Rusia


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MOSCOW. Militer Rusia mengatakan Amerika Serikat (AS) telah melakukan serangan udara di Idlib Suriah tanpa memperingatkan Moskow atau Ankara terlebih dahulu. Kondisi ini dinilai membahayakan gencatan senjata di sana.

Hal itu sebagaimana dilaporkan kantor berita Rusia melaporkan pada hari Minggu.

Baca Juga: Pesawat militer Israel serang pasukan Iran di dekat Damaskus

"Serangan tanpa kepala di "zona de-eskalasi" melanggar perjanjian sebelumnya dan menyebabkan beberapa korban, kata kantor berita TASS mengutip pernyataan kementerian pertahanan Rusia," tulis kantor berita tersebut seperti dilansir Reuters, Senin (2/9).

Dilaporkan, pesawat tempur Rusia dan Suriah telah sepenuhnya menangguhkan serangan terhadap gerilyawan di provinsi Idlib di Suriah barat laut, setelah menyatakan gencatan senjata yang dimulai pada Sabtu pagi.

Pada hari Sabtu, Komando Pusat AS, bagian dari Departemen Pertahanan, mengatakan pasukan AS menyerang fasilitas al-Qaeda di Idlib dalam serangan yang ditujukan pada kepemimpinan organisasi.

Serangan udara AS kadang-kadang mengenai sasaran yang terkait dengan al-Qaeda di Suriah barat laut dalam beberapa tahun terakhir.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara telah menghantam pangkalan milik jihadis di dekat kota Maarat Misrin pada hari Sabtu. Monitor yang berbasis di Inggris mengatakan lebih dari 40 militan, termasuk beberapa komandan, tewas.

Kantor berita Interfax mengutip pernyataan militer Rusia yang mengatakan serangan telah terjadi antara Maarat Misrin dan desa Kefraya.

Baca Juga: AS kembali jatuhkan sanksi ke Rusia terkait keracunan mata-mata di Inggris

Sementara artileri menghantam bagian-bagian Idlib dalam 24 jam terakhir, ada jeda serangan udara yang menghantam wilayah itu dalam beberapa pekan terakhir, kata Observatory, seorang pejabat pemberontak dan pekerja penyelamat mengatakan.

Itu adalah gencatan senjata kedua yang diumumkan dalam sebulan terakhir di Idlib, yang berada di sudut barat laut Suriah - satu-satunya bagian besar negara itu masih di tangan pemberontak. Gencatan senjata pada awal Agustus runtuh tiga hari, setelah itu tentara yang didukung Rusia menekan ofensif dan mendapatkan tempat.




TERBARU

[X]
×