kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45948,02   -4,93   -0.52%
  • EMAS937.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.11%
  • RD.CAMPURAN -0.07%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Moderna targetkan vaksin booster untuk menangkal Omicron siap pada Maret 2022


Kamis, 02 Desember 2021 / 14:59 WIB
Moderna targetkan vaksin booster untuk menangkal Omicron siap pada Maret 2022
ILUSTRASI. Moderna . ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - AMERIKA. Produsen vaksin Covid-19, Moderna mengumumkan mereka segera memproduksi vaksin atau booster Covid-19 yang menargetkan varian Omicron. 

Melansir Reuters, Kamis (2/12), Presiden Moderna Stephen Hoge menargetkan suntikan vaksin Moderna siap pada Maret 2022. 

Saat ini, perusahaan sedang menguji apakah vaksin tersebut bekerja efektif. Penerima vaksin mendapat dosis booster sebanyak 50 mikrogram dan 100 mikrogram. “Saya masih percaya bahwa vaksin yang ada setidaknya bisa memperlambat, jika tidak sepenuhnya menghentikan varian Omicron,” kata Hoge. 

Badan tersebut memberikan garis waktu yang lebih cepat, mirip dengan cara menyetujui vaksin untuk flu, dengan menyetujui perubahan jenis flu, yang akan mempersingkat garis waktu dari tiga menjadi empat bulan.

Baca Juga: Sekjen PBB: Pembatasan perjalanan internasional tidak adil dan tidak efektif

Di Amerika Serikat, vaksin flu berlisensi dapat diperbarui secara musiman dengan menggantinya dengan jenis virus baru yang diyakini paling mungkin menyebabkan penyakit di musim flu yang akan datang, tanpa perlu uji klinis acak yang besar.

Namun belum jelas seberapa besar kemajuan vaksin untuk menangkal virus Omicron. Ia memperkirakan, efektivitas vaksin moderna kemungkinan akan signifikan. “Mutasi yang sebelumnya menyebabkan penurunan efektivitas terbesar, terlihat di varian Delta dan Beta. Dan semua mutasi itu muncul di Omicron,” kata Hoge.

“Jadi pertanyaannya di sini adalah, apakah kita akan melihat kasus seperti Delta? Apakah kita akan melihat kinerja seperti Beta? Atau apakah kita akan melihat kelipatan silang dari keduanya? Saya pikir itu skenario terakhir di mana orang merasa paling khawatir," terangnya. 

Selanjutnya: Berikut resep Sri Mulyani menuju Indonesia maju pada 2045




TERBARU

[X]
×