kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mukesh Ambani bergabung di klub orang terkaya dunia dengan harta US$ 100 miliar


Senin, 11 Oktober 2021 / 22:49 WIB
Mukesh Ambani bergabung di klub orang terkaya dunia dengan harta US$ 100 miliar
ILUSTRASI. Mukesh Ambani,?orang terkaya di India dan Asia.


Sumber: Indian Express | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - CEO India's Reliance Industries Ltd, Mukesh Ambani, memasuki kelompok 11 orang yang masuk klup superkaya ketika saham konglomeratnya naik ke rekor pada hari Jumat. Kekayaan Ambani sekarang bernilai US$ 100,6 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index, setelah kekayaannya meningkat US$ 23,8 miliar tahun ini.

Sejak mewarisi bisnis penyulingan minyak dan petrokimia dari kerajaan mendiang ayahnya pada 2005, Ambani, 64 tahun, telah berusaha mengubah raksasa energi itu menjadi raksasa ritel, teknologi, dan e-commerce. Unit telekomunikasinya, yang memulai layanannya pada 2016, kini menjadi operator dominan di pasar India. 

Melansir The Indian Expres, Usaha ritel dan teknologinya mengumpulkan sekitar US$ 27 miliar tahun lalu, menjual sahamnya kepada investor mulai dari Facebook Inc dan Google hingga KKR & Co. dan Silver Lake.

Ambani meluncurkan dorongan ambisius ke energi hijau pada bulan Juni, dengan investasi yang direncanakan sekitar US$ 10 miliar selama tiga tahun. Dan bulan lalu, sang maestro mengatakan perusahaannya akan “secara agresif” mengejar produksi hidrogen hijau yang lebih murah. 

Baca Juga: Miliarder Mukesh Ambani akuisisi 2 perusahaan energi hijau

Rencana tersebut sejalan dengan ambisi Perdana Menteri India, Narendra Modi untuk mengubah India menjadi pusat manufaktur global untuk bahan bakar yang lebih bersih guna memerangi perubahan iklim dan memangkas impor energi oleh konsumen minyak terbesar ketiga di dunia itu.

Sementara kenaikan kekayaan Ambani telah dilihat oleh beberapa orang sebagai pengakuan bahwa kelompoknya perlu melihat melampaui minyak untuk memperkuat masa depannya, bahan bakar fosil masih memainkan peran sentral di Reliance, menyumbang hampir 60% dari US$ 73 miliar pendapatan tahunannya. 

Bisnis minyak-ke-kimia sekarang menjadi unit yang terpisah, dan pembicaraan sedang berlangsung untuk mendapatkan Saudi Arabian Oil Co. sebagai investor.

“Mukesh Ambani berada di garis depan dalam menciptakan bisnis baru dengan teknologi baru yang muncul,” kata Chakri Lokapriya, kepala investasi di TCG Asset Management Co. di Mumbai.  “Menciptakan skala bisnis dengan kecepatan membawa tantangan eksekusi, tetapi dia telah menunjukkan kemampuannya.”

Baca Juga: 10 Daftar orang terkaya Indonesia versi Forbes pekan ini




TERBARU

[X]
×