kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pabrik Toyota dan Honda di Malaysia berhenti beroperasi selama lockdown nasional


Selasa, 01 Juni 2021 / 14:58 WIB
Pabrik Toyota dan Honda di Malaysia berhenti beroperasi selama lockdown nasional
ILUSTRASI. Logo Toyota terlihat pada model Corolla baru di Geneva International Motor Show ke-89 di Jenewa, Swiss, 5 Maret 2019.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Produsen mobil terkemuka asal Jepang, Toyota Motor Corp. dan Honda Motor Co., menghentikan aktivitas pabriknya di Malaysia untuk sementara, menyusul kebijakan lockdown nasional.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin pada Jumat (28/5) pekan lalu mengumumkan lockdown total dari 1 hingga 14 Juni untuk menahan laju penyebaran virus corona baru.

Kebijakan ketat ini turut memengaruhi rantai produksi kendaraan dari Toyota dan Honda di Malaysia yang bernilai cukup besar.

Dilansir dari Reuters, Toyota sanggup memproduksi hingga 51.000 kendaraan sepanjang tahun lalu. Toyota Malaysia menangguhkan penjualan dan produksi mulai Selasa (1/6).

Baca Juga: Protes penyebaran Covid-19, pekerja Renault Nissan di India mogok kerja

Juru bicara Toyota Malaysia yang dihubungi Reuters mengatakan, pihaknya masih belum menentukan kapan produksi akan mulai dilanjutkan kembali.

Anak perusahaan Toyota, Daihatsu Motor, juga akan menghentikan produksi mobil compact-nya pada 1 sampai 14 Juni mendatang.

Sepanjang 2020, Daihatsu Motor berhasil memproduksi sekitar 220.000 unit kendaraan di Malaysia.

Perusahaan rival, Honda menyatakan, pihaknya juga akan menutup dua pabriknya selama aturan lockdown nasional di Malaysia berlaku.

Kedua pabrik Honda yang tutup sementara tersebut masing-masing mampu menghasilkan hingga 100.000 mobil dan 300.000 motor setiap tahun. Dua pabrik itu kabarnya akan beroperasi kembali pada 15 Juni.

Selanjutnya: Malaysia lockdown nasional, ini sektor-sektor yang tetap boleh beroperasi




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×