kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panel WHO: Penanggulangan Covid-19 adalah serangkaian kegagalan global


Rabu, 20 Januari 2021 / 07:23 WIB
Panel WHO: Penanggulangan Covid-19 adalah serangkaian kegagalan global


Sumber: New York Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Sebuah panel Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menceritakan dalam sebuah laporan bagaimana pemerintah dan organisasi kesehatan masyarakat di seluruh dunia lambat dalam merespons dan tidak efektif terhadap virus corona, meskipun telah diperingatkan selama bertahun-tahun.

Melansir New York Times, laporan sementara panel WHO menggambarkan asumsi yang salah, perencanaan yang tidak efektif dan respons yang lamban - termasuk salah langkah oleh WHO sendiri - yang membantu memicu pandemi yang telah menewaskan lebih dari dua juta orang.

“Kami telah gagal dalam kapasitas kolektif kami untuk bersatu dalam solidaritas untuk menciptakan jaring pelindung keamanan manusia,” tulis Panel Independen untuk Kesiapsiagaan dan Respons Pandemi WHO.

Banyak dari kegagalan, seperti ketidakmampuan pemerintah untuk mendapatkan peralatan pelindung atau melakukan pelacakan kontak yang luas, telah lama menjadi jelas selama pandemi.

Baca Juga: Sinovac kirimkan vaksin curah ke Indonesia, apa maksudnya?

Tetapi laporan tersebut sangat tegas dalam penilaiannya bahwa mereka yang bertanggung jawab untuk melindungi dan memimpin adalah pihak yang gagal melakukannya.

Panel, yang dipimpin oleh Helen Clark, mantan perdana menteri Selandia Baru, dan Ellen Johnson Sirleaf, mantan presiden Liberia, masih melakukan penyelidikan.

Namun panel juga menjelaskan bahwa dunia perlu memikirkan kembali pendekatannya terhadap wabah.

Baca Juga: China berjuang melawan wabah Covid-19 terparah sejak Maret 2020

Laporan tersebut menggambarkan satu kegagalan yang mengarah ke kegagalan lainnya, dari sistem peringatan pandemi yang “lambat, rumit dan tidak pasti”, hingga tahun-tahun rencana kesiapsiagaan yang gagal dilaksanakan, hingga tanggapan yang terputus-putus dan bahkan menghalangi pemerintah nasional.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×