kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,21   13,90   1.53%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan turun, harga berlian mulai berkilau lagi


Sabtu, 30 Januari 2016 / 11:05 WIB
Pasokan turun, harga berlian mulai berkilau lagi


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Sanny Cicilia

LONDON. Menukiknya harga minyak mentah dunia terus memakan tumbal. Senasib dengan komoditas lainnya, harga berlian juga tidak kemilau. Tapi, ada secercah harapan yang mampu mendongkrak harga berlian tahun ini.

Kabar gembira terlontar dari produsen berlian terbesar di dunia, De Beers. Perusahaan yang berbasis di London, Inggris, ini berhasil menorehkan penjualan berlian sebesar US$ 540 juta dalam lelang perdana tahun ini. Torehan itu dua kali lipat ketimbang hasil penjualan sebelumnya.

Tanda-tanda pemulihan juga nampak dari rapor kinerja produsen berlian kakap asal Rusia, Alrosa PJSC. Di kuartal IV 2015, penjualan Alrosa melesat 45% menjadi sebanyak 7,1 juta karat.

Oleg Petropavlovskiy, analis BCS Global Markets, bilang, pemulihan harga berlian ditandai dengan perbaikan penjualan Alrosa dan De Beers.

"Kami percaya penjualan berlian terus membaik di semester kedua tahun ini karena dua penguasa berlian tersebut kompak memotong pasokan," kata dia seperti dikutip Bloomberg, Kamis (28/1).

De Beers menyatakan, harga berlian poles telah menguat setelah ada penurunan produksi dan sentimen positif dari musim liburan di Amerika Serikat.

Menurut produsen berlian terbesar di Afrika, Petra Diamonds, harga berlian mulai bangkit setelah De Beers dan Alrosa mengurangi suplai akhir tahun lalu. Kata Petra Diamonds, ada peluang untuk mengerek harga jual berlian dalam tempo 6 bulan–12 bulan mendatang.

Info saja, sepanjang 2015 lalu harga berlian terperosok sedalam 18% ke level terendah dalam enam tahun terakhir. Ini merupakan penurunan harga terburuk bagi berlian sejak krisis keuangan tahun 2008.

Mengutip data WWW International Diamond Consultants, melorotnya permintaan dari China meredupkan kilau harga berlian. Alrosa pun memangkas produksi hingga 26% menjadi 8,61 juta karat di kuartal IV 2015 untuk menstabilkan harga berlian dunia.

Tahun lalu perusahaan yang bermarkas di Mirny, Rusia, ini menghasilkan berlian sebanyak 38,3 juta karat, tapi mereka hanya menjual 30 juta karat.

Agar mampu bertahan, produsen masih akan memangkas harga jual berlian di awal tahun ini untuk mendongkrak penjualan. "De Beers menurunkan harga 7% di lelang pertama 2016 pekan lalu," bisik sumber Bloomberg.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×