kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PBOC tetapkan yuan di tingkat terendah empat pekan


Senin, 29 Februari 2016 / 16:07 WIB
PBOC tetapkan yuan di tingkat terendah empat pekan


Sumber: Antara,AFP | Editor: Yudho Winarto

SHANGHAI. Bank sentral China (PBoC) pada Senin (29/2) menetapkan kurs tengah mata uang yuan di tingkat terendah empat pekan. Padahal, Gubernur PBoC Zhou Xiaochuan sebelumnya menyatakan tidak ada dasar untuk mata uangnya terus melemah.

PBoC menetapkan yuan pada 6,5452 terhadap satu dollar AS, turun 0,17 % dari Jumat (26/2), menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing China. Penetapan kurs itu merupakan yang terlemah sejak 3 Februari.

Mata uang yang lebih lemah memperlemah sentimen di pasar saham, dengan indeks komposit Shanghai turun sebanyak 4,44 % pada Senin pagi.

Gubernur PBoC Zhou Xiaochuan akhir pekan lalu mengatakan, pada sebuah seminar di sela-sela pertemuan para menteri keuangan G20 di Shanghai bahwa yuan (renminbi) akan stabil. "Tidak ada dasar untuk penyusutan renminbi berlanjut dari perspektif fundamental," katanya.

Otoritas moneter China hanya membiarkan yuan naik atau turun 2 % di kedua sisi dari kurs tengah harian, untuk mencegah volatilitas dan mempertahankan kontrol atas mata uang.

Namun devaluasi mata uang secara mengejutkan terjadi pada Agustus, yang biasanya melihat unit stabil dipandu turun hampir 5 % dalam seminggu diikuti oleh penurunan lain pada Januari, menimbulkan kecurigaan Beijing sedang mengejar perang mata uang untuk membuat ekspornya lebih murah.

Gubernur Bank Sentral Zhou membantah tuduhan-tuduhan tersebut pada Jumat lalu. Dalam sebuah komunike, negara-negara G20 pada Sabtu (27/2) berjanji untuk menghindari devaluasi kompetitif, meskipun dokumen tidak menyebutkan secara langsung China.

Zhou dan para pejabat China lainnya telah berulang kali berjanji untuk bergerak ke arah nilai tukar yang lebih fleksibel.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew, yang sedang berkunjung ke China, pada Senin (29/2) mendesak Perdana Menteri China Li Keqiang untuk melaksanakan reformasi ekonomi.

"Hal itu juga penting bahwa China terus bergerak ke arah nilai tukar yang lebih ditentukan pasar secara tertib," katanya di Beijing.

Yuan dikutip pada 6,5480 terhadap satu dollar AS sekitar tengah hari hari ini, sedikit melemah dari penutupan Jumat di 6,5372.

Bank sentral mengatakan menyuntikkan 230 miliar yuan (35 miliar dollar AS) ke dalam sistem keuangan pada Senin, sehingga total suntikan dana selama seminggu terakhir menjadi lebih dari 1,0 triliun yuan, menurut media pemerintah. 




TERBARU

[X]
×