Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pemegang saham Bristol-Myers menyetujui akuisisi Celgene Corp senilai US$ 74 miliar

Minggu, 14 April 2019 / 16:04 WIB

Pemegang saham Bristol-Myers menyetujui akuisisi Celgene Corp senilai US$ 74 miliar
ILUSTRASI. BRISTOL-MYERS SQUIBB


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Pemegang saham Bristol-Myers Squibb Co memilih untuk menyetujui akuisisi biotek Celgene Corp senilai US $ 74 miliar pada hari Jumat lalu. Meskipun sebelumnya ada kampanye oleh aktivis dana lindung nilai Starboard Value LP untuk membatalkan kesepakatan ini.

Mengutip Reuters, Minggu (14/4) Perusahaan itu mengatakan, investor yang memegang 75,7% saham perusahaan telah memberikan suara mendukung kesepakatan ini.


"Kami, dari perspektif manajemen, dari perspektif dewan, benar-benar percaya ini adalah transaksi yang tepat bagi kami. Fokusnya adalah pada kami sekarang untuk mengeksekusi pada integrasi dan kemudian memberikan nilai portofolio gabungan, untuk mengkonfirmasi bahwa perusahaan baru akan memberikan nilai signifikan bagi pemegang saham," kata Kepala Eksekutif Bristol-Myers Giovanni Caforio kepada wartawan setelah pemungutan suara.

Celgene mengatakan secara terpisah dalam sebuah pernyataan bahwa para pemegang sahamnya mewakili lebih dari 70% saham yang beredar yang berhak memilih, dan memberikan suara mendukung transaksi. Perusahaan mengharapkan kesepakatan ini terlaksana pada kuartal ketiga 2019.

Bristol-Myers mengumumkan pada awal Januari bahwa mereka berencana untuk membeli Celgene dalam transaksi tunai dan saham untuk menyatukan perusahaan-perusahaan yang berspesialisasi dalam onkologi dan obat-obatan kardiovaskular guna merger industri farmasi terbesar yang pernah ada.

Pembuat obat yang berbasis di New York mengatakan perusahaan gabungan akan memiliki enam obat dengan peluncuran jangka pendek yang diharapkan mewakili lebih dari US$ 15 miliar dalam potensi pendapatan tahunan. Serta aset eksperimental tahap awal yang kuat.

Tetapi Starboard dan pemegang saham terbesar kedua perusahaan, Wellington Management, menentang kesepakatan itu.

Starboard menyebutnya "kurang dipahami dan tidak disarankan," dan mengkritik manajemen dan dewan Bristol-Myers, menyarankan mereka tidak akan bisa berhasil melakukan kesepakatan berisiko.

Starboard meninggalkan kampanye melawan kesepakatan akhir bulan lalu setelah perusahaan penasehat proksi merekomendasikan investor untuk mendukungnya.

Bristol-Myers mengatakan selama rapat pemegang saham bahwa mereka tidak mengharapkan perubahan kebijakan dividen setelah akuisisi.

Saham Bristol-Myers turun 50 sen, atau 1,1%, menjadi US$ 45,59 pada perdagangan Jumat sore di New York Stock Exchange. Saham Celgene turun 9 sen menjadi US $ 94,14 di Nasdaq.


Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Herlina Kartika
Video Pilihan

Tag
TERBARU
Terpopuler
Hasil Pemilu 2019
Rumah Pemilu
Rumah Pemilu
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0648 || diagnostic_web = 0.3905

Close [X]
×