kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemodal kakap masuk, bisnis kian berkembang (2)


Rabu, 28 September 2016 / 11:39 WIB
Pemodal kakap masuk, bisnis kian berkembang (2)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Meski mendompleng kesuksesan perusahaan dengan bisnis serupa, perusahaan bentukan Wang Xing, Meituan, terbukti sukses menjalankan bisnis di China. Bahkan nilai transaksi perusahaan yang melayani informasi diskon mampu mengalahkan situs diskon ternama, Groupon, dan menjadi penguasa pangsa pasar di China. Keberhasilan ini membuat banyak pemodal besar bersedia menanamkan dana di perusahaan yang baru berusia enam tahun tersebut.

Sempat diejek oleh berbagai pihak karena dituduh meniru konsep situs e-commerce diskon asal Amerika Serikat, Groupon,  Wang Xing sang pendiri Meituan bergeming. Baginya, meniru bukanlah tujuan utama. Dia memilih mengembangkan perusahaan yang menampilkan diskon untuk dapat ditukarkan di gerai offline. Selain itu juga mencoba menyesuaikan dan menyelaraskan konsep dengan kebutuhan domestik China.

Saat ini, Meituan telah sukses mengembangkan bisnisnya ke ranah layanan daring (marketplace) bekerjasama dengan beberapa vendor lokal seperti hotel, restoran, dan tempat hiburan. Mengutip Wall Street Journal, dari diversifikasi ini Meituan mampu mencatatkan nilai transaksi sebesar US$ 25,84 miliar di tahun lalu. Ini artinya Meituan telah menjadi penguasa 60% di pasar China untuk bisnis ini dan bahkan telah melewati nilai transaksi Groupon.

Pada awal tahun ini, Forbes menulis valuasi Meituan mencapai US$ 18 miliar. Valuasi ini setelah memasukkan perusahaan hasil merger yaitu Dianping. Perusahaan hasil gabungan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang informasi layanan atau diskon secara online kepada konsumen untuk meningkatkan pengalaman belanja secara offline.

Dalam enam tahun terakhir, Meituan memang mencatatan pertumbuhan bisnis sangat signifikan. Pada 2013, perusahaan yang didirikan Wang pada 2010 ini berhasil mencatatkan pertumbuhan volume transaksi hampir tiga kali lipat. Mengutip Bloomberg, saat ini, kontribusi terbesar pendapatan Meituan berasal dari layanan aplikasi mobile, dengan total pengguna sebanyak 200 juta.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×