Sumber: money.cnn | Editor: Mesti Sinaga
Persaingan sengit yang sudah berlangsung sekian lama antara Pepsi dan Coca Cola terus berlanjut. Kabar terbaru, Senin (13/4) Pepsi mengumumkan telah menandatangani kesepakatan dengan NBA sebagai sponsor, menggantikan Coca Cola yang sudah 28 tahun mensponsori liga basket paling terkemuka di dunia tersebut.
Melalui kerja sama multi-year, Pepsi berhak mempromosikan berbagai produknya dalam pertandingan dan kegiatan-kegiatan NBA. Beberapa produk Pepsi yang akan dipromosikan itu, antara lain Mountain Dew, Aquafina, Brisk, Doritos dan Ruffles. Sebelumnya, Pepsi sudah bekerja sama dengan NBA melalui kepemilikan di minuman Gatorade, yang merupakan mitra terlama liga tersebut.
Melalui perjanjian terbaru dengan NBA, kini Pepsi memiliki kesepakatan sponsorship dengan semua liga olahraga utama di Amerika Serikat (AS). Termasuk dengan National Football League, Major League Baseball dan National Hockey League. Semua ini menjadi pertanda kemenangan besar Pepsi atas pesaing utamanya, Coca Cola.
Tak heran, CEO Pepsi Indra Nooyi sesumbar menyebut kerjasamanya dengan NBA sebagai ”slam dunk bagi liga dan juga bagi Pepsi”.
Lantas, apa kata Coca Cola soal ini? Manajemen Coca Cola menyatakan, mereka sudah memutuskan tidak memperbarui kontrak dengan NBA untuk musim mendatang. Namun perusahaan minuman ringan ini akan meneruskan promosi produk-produknya melalui kerjasama yang sudah berlangsung dengan para pemain NBA, seperti LeBron James.
Coca Cola mernyatakan, selanjutnya mereka akan menjadi sponsor eksklusif Major League Soccer di AS.