kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,20   3,85   0.41%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perdana Menteri Israel adakan pembicaraan rahasia dengan Putra Mahkota Arab Saudi?


Senin, 23 November 2020 / 20:39 WIB
Perdana Menteri Israel adakan pembicaraan rahasia dengan Putra Mahkota Arab Saudi?
ILUSTRASI. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JERUSALEM. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengadakan pembicaraan rahasia di Arab Saudi pada Minggu (22/11) dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dalam kunjungan pertama seorang perdana menteri Israel ke Kerajaan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, yang berada di Israel minggu lalu, juga menghadiri pembicaraan Netanyahu dan Putra Mahkota, seorang koresponden diplomatik di penyiaran publik Israel, Kan mengatakan pada Senin (23/11), seperti dilansir Channel News Asia dari AFP.

Kan yang mengutip pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya melaporkan, Netanyahu dan kepala agen mata-mata Mossad Yossi Cohen, "terbang kemarin ke Arab Saudi dan bertemu Pompeo dan MBS di Kota Neom", mengacu pada inisial Pangeran Mohammed yang sering digunakan.

Pertemuan tersebut terjadi beberapa minggu setelah Israel menyetujui kesepakatan bersejarah yang ditengahi AS untuk menormalkan hubungan dengan dua sekutu Arab Saudi di Teluk, Uni Emirat Arab dan Bahrain, pakta yang dikenal sebagai Abraham Accords.

Baca Juga: Israel bangun permukiman baru di Yerusalem Timur, Arab Saudi mengecam keras

Terbang dengan pesawat milik pengusaha Israel

Sejumlah media Israel lainnya melaporkan perjalanan Netanyahu ke Arab Saudi. Termasuk, koresponden diplomatik terkemuka Barak Ravid dari Walla News dan Axios yang menyebutkan, Netanyahu dan Cohen terbang dengan pesawat milik pengusaha Israel Udi Angel.

Ravid juga mengutip data pelacak penerbangan yang tampaknya menunjukkan pesawat Angel meninggalkan Israel pada pukul 8 malam pada Minggu (22/11), menuju ke Neom di Laut Merah dan kembali ke Israel lima jam kemudian.

Kantor Perdana Menteri Israel tidak segera bersedia untuk mengomentari laporan tersebut.

Pengadilan Kerajaan Arab Saudi dan Kementerian Media Arab Saudi juga tidak segera menanggapi permintaan komentar dari AFP atas laporan pertemuan antara Netanyahu, Pangeran Mohammed, dan Pompeo.

Baca Juga: Pasca kesepakatan damai, pesawat pertama pembawa turis asal Israel mendarat di UEA




TERBARU

[X]
×