kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertarungan Soal Paten Vaksin COVID-19 Antara Pfizer Vs Moderna Masih Berlanjut


Selasa, 02 Juli 2024 / 18:40 WIB
Pertarungan Soal Paten Vaksin COVID-19 Antara Pfizer Vs Moderna Masih Berlanjut
ILUSTRASI. Pertarungan hukum antara Pfizer dan Moderna terkait vaksin COVID-19 yang menjadi saingan tampaknya akan terus berlanjut . REUTERS/Dado Ruvic


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pertarungan hukum antara Pfizer dan Moderna terkait vaksin COVID-19 yang menjadi saingan tampaknya akan terus berlanjut setelah Pengadilan Tinggi London memberikan keputusan yang beragam atas dua paten Moderna, yang kemungkinan akan memicu lebih banyak proses pengadilan di London.

Pfizer (PFE.N) dan mitranya dari Jerman, BioNTech (22UAy.DE), menggugat Moderna (MRNA.O) di London pada bulan September 2022, dengan tujuan untuk mencabut dua paten yang dipegang oleh Moderna. 

Moderna, yang berbasis di AS, merespons beberapa hari kemudian dengan menuduh bahwa patennya telah dilanggar oleh Pfizer dan BioNTech.

Tuntutan hukum ini hanyalah salah satu dari serangkaian litigasi yang sedang berlangsung di seluruh dunia yang berfokus pada teknologi messenger RNA (mRNA) yang digunakan dalam vaksin COVID-19. 

Baca Juga: Pfizer Jual Saham Haleon Senilai Rp 39,2 Triliun

Moderna berpendapat bahwa Pfizer dan BioNTech meniru kemajuan mRNA yang telah dirintis dan dipatenkan oleh Moderna jauh sebelum pandemi COVID-19 dimulai pada akhir 2019.

Moderna meminta ganti rugi atas dugaan pelanggaran patennya oleh Pfizer dan vaksin Comirnaty milik BioNTech yang telah meningkatkan penjualan sejak Maret 2022. 

Pfizer meraup US$11,2 miliar dari penjualan Comirnaty tahun lalu, sementara Moderna memperoleh US$6,7 miliar dari vaksin Spikevax, yang menunjukkan besarnya jumlah yang dipertaruhkan dalam kasus ini.

Pfizer dan BioNTech meminta Pengadilan Tinggi untuk mencabut paten Moderna, dengan alasan bahwa teknologi mRNA Moderna adalah peningkatan yang jelas dari karya sebelumnya. 

Pengadilan Tinggi memutuskan pada hari Selasa bahwa salah satu dari dua paten Moderna yang berkaitan dengan teknologi mRNA tidak valid, tetapi paten lainnya valid dan bahwa vaksin Comirnaty milik Pfizer dan BioNTech telah melanggarnya.

Kemungkinan Ajukan Banding

Ketiga perusahaan tersebut menyatakan bahwa mereka tidak setuju dengan bagian dari keputusan pengadilan yang merugikan mereka, dan diharapkan semua pihak akan meminta izin untuk mengajukan banding.

Pfizer dan BioNTech mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa proses ini tidak berpengaruh pada profil keamanan dan kemanjuran vaksin mereka, seperti yang telah ditetapkan oleh regulator di seluruh dunia. 

Baca Juga: Moderna & Pfizer Percaya Diri Vaksinnya Mampu Menghadapi Varian Covid-19 yang Baru

Terlepas dari hasil dari masalah hukum ini, mereka akan terus memproduksi dan memasok vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech sesuai dengan perjanjian dan jadwal pasokan yang telah ditetapkan.

Juru bicara Moderna mengatakan perusahaan senang pengadilan "mengakui inovasi para ilmuwan Moderna dengan mengonfirmasi keabsahan dan pelanggaran" salah satu patennya.

Pfizer, BioNTech, dan Moderna juga terlibat dalam proses paralel di Jerman, Belanda, Belgia, dan Amerika Serikat, yang sebagian besar telah ditangguhkan, serta di Kantor Paten Eropa.

Keputusan London ini datang pada saat tekanan keuangan bagi Moderna, yang sahamnya telah anjlok lebih dari 70% sejak puncak pandemi karena permintaan dan penjualan Spikevax telah turun. Sementara itu, saham Pfizer turun sekitar 29% sejak pertengahan 2021.

Selanjutnya: Peringatan Dini Cuaca Besok (3/7) Hujan Deras, Provinsi Ini Status Waspada Bencana

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (3/7) Hujan Deras, Provinsi Ini Status Waspada Bencana




TERBARU

[X]
×