Pertumbuhan ekonomi Zona Euro mencapai level terendah dalam empat tahun

Rabu, 14 November 2018 | 18:07 WIB Sumber: Reuters
Pertumbuhan ekonomi Zona Euro mencapai level terendah dalam empat tahun

ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - BRUSSEL. Ekonomi Zona Euro tumbuh dalam laju terendah dalam empat tahun terakhir. Data produk domestik bruto (PDB) kuartal ketiga 2018 yang dirilis Rabu (14/11) menunjukkan, Zona Euro tumbuh 0,2% secara kuartalan pada periode Juli-September.

Ini adalah level pertumbuhan terendah sejak kuartal kedua 2014. Jerman yang merupakan negara terbesar Zona Euro, kontraksi alias turun 0,2%. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Prancis sebesar 0,4%. Ekonomi Italia, yang merupakan negara terbesar ketiga di Zona Euro, stagnan.

Data Eurostat menunjukkan, pertumbuhan ekonomi negara-negara pengguna mata uang euro ini mencapai 1,7% secara tahunan. Ini adalah level terendah sejak kuartal keempat 2014.

Selain merilis data pertumbuhan ekonomi, Eurostat pun merilis prediksi awal tingkat penambahan tenaga kerja untuk pertama kalinya. Data Eurostat menunjukkan pertumbuhan tenaga kerja melambat di kuartal ketiga.

Jumlah penambahan pekerja di Zona Euro kuartal ketiga mencapai 0,2% secara kuartalan dan 1,3% secara tahunan. Angka ini lebih rendah ketimbang masing-masing 0,4% dan 1,5% di kuartal kedua.

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Tag

Terbaru