kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.529.000   14.000   0,92%
  • USD/IDR 15.645   -52,00   -0,33%
  • IDX 7.695   -21,89   -0,28%
  • KOMPAS100 1.190   -4,72   -0,40%
  • LQ45 943   -3,92   -0,41%
  • ISSI 232   -0,82   -0,35%
  • IDX30 487   -1,75   -0,36%
  • IDXHIDIV20 582   -0,48   -0,08%
  • IDX80 135   -0,70   -0,51%
  • IDXV30 141   -1,10   -0,77%
  • IDXQ30 161   -0,50   -0,31%

Perusahaan Singapura yang Kapalnya Menabrak Jembatan Baltimore Didenda US$100 Juta


Jumat, 25 Oktober 2024 / 14:53 WIB
Perusahaan Singapura yang Kapalnya Menabrak Jembatan Baltimore Didenda US$100 Juta
ILUSTRASI. Dua perusahaan Singapura yang mengoperasikan kapal kargo penyebab kehancuran Jembatan Francis Scott Key di Baltimore kena denda US$102 juta . Maryland National Guard/Handout via REUTERS


Sumber: Yahoo Finance | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Grace Ocean Private Limited dan Synergy Marine Private Limited, dua perusahaan Singapura yang memiliki dan mengoperasikan kapal kargo penyebab kehancuran Jembatan Francis Scott Key di Baltimore, akan membayar US$102 juta untuk menyelesaikan klaim sipil terkait biaya yang ditimbulkan oleh bencana tersebut, termasuk keruntuhan, pemulihan, dan implosi.

Kecelakaan tragis ini terjadi pada bulan Maret lalu ketika kapal motor Dali berangkat dari Pelabuhan Baltimore menuju Sri Lanka.

Saat melintasi Saluran Fort McHenry, kapal tersebut mengalami kesulitan dalam mempertahankan dan mendapatkan kembali daya penuh sebelum akhirnya menabrak jembatan.

Dalam sekejap, Jembatan Baltimore runtuh, mengakibatkan enam orang kehilangan nyawa.

Kapal yang karam dan puing-puing jembatan menghalangi saluran tersebut, menyebabkan kemacetan lalu lintas pengiriman keluar masuk pelabuhan dan juga memblokir jalan raya, mengganggu aktivitas para komuter.

Baca Juga: Perusahaan Asuransi Lloyd Berharap Klaim Jembatan Baltimore di Tingkat Moderat

Penanganan Hukum dan Penyelesaian

Penyelesaian ini diumumkan oleh Departemen Kehakiman pada hari Kamis setelah kedua perusahaan Singapura berusaha menggunakan hukum tahun 1851 yang membatasi tanggung jawab mereka hingga US$44 juta setelah bencana yang mengakibatkan kerugian besar tersebut.

Penyelesaian ini merupakan pencapaian signifikan, menurut Benjamin C. Mizer, Wakil Asosiasi Jaksa Agung Utama, yang menyatakan bahwa “setelah hampir tujuh bulan setelah salah satu bencana transportasi terburuk dalam ingatan baru-baru ini, kami mencapai tonggak penting dengan penyelesaian hari ini.”

Berkat kerja keras tim pengacara Departemen Kehakiman sejak hari pertama bencana, mereka berhasil mengamankan penyelesaian awal klaim ini, hanya satu bulan setelah litigasi dimulai.

"Penyelesaian ini memastikan bahwa biaya upaya pembersihan pemerintah federal di Saluran Fort McHenry ditanggung oleh Grace Ocean dan Synergy, bukan oleh pembayar pajak Amerika,” tambah Mizer.

Baca Juga: Maersk Optimis Permintaan Global Transportasi Peti Kemas Terus Tumbuh di 2024

Biaya Pemulihan dan Tuntutan Lainnya

Menurut DOJ, hampir 50.000 ton baja, beton, dan aspal harus diangkat dari saluran sebagai bagian dari respons pemulihan. Klaim sipil diajukan pada 18 September di Pengadilan Distrik Maryland.

Namun, denda ini tidak mencakup kerugian untuk membangun kembali jembatan, karena pengacara negara bagian Maryland juga mengajukan klaim terpisah untuk memulihkan kerugian tersebut.

Brian M. Boynton, Wakil Asisten Jaksa Agung Utama dan kepala Divisi Sipil Departemen Kehakiman, menyatakan bahwa “ini adalah hasil yang luar biasa yang sepenuhnya mengganti biaya yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dalam menanggapi bencana ini dan menahan pemilik serta operator Dali bertanggung jawab.”

Penyelesaian yang cepat juga menghindari biaya litigasi yang dapat berlangsung bertahun-tahun terkait kasus kompleks ini.

Baca Juga: Rekor Klaim Asuransi Akibat Kapal Menabrak Jembatan Baltimore

Tindakan Hukum Terhadap Pembatasan Tanggung Jawab

Pada bulan April, kedua perusahaan tersebut mengambil langkah untuk melindungi diri dari tanggung jawab dengan mengutip Undang-Undang Pembatasan Tanggung Jawab tahun 1851, yang bertujuan untuk membatasi tanggung jawab mereka atas nilai kapal setelah kecelakaan.

Namun, langkah tersebut tampaknya tidak berhasil.

“Terima kasih kepada kerja keras pengacara Departemen Kehakiman sejak hari pertama bencana ini, kami dapat mengamankan penyelesaian awal klaim kami,” ujar Mizer.

“Penyelesaian ini memastikan bahwa biaya upaya pembersihan pemerintah federal di Saluran Fort McHenry ditanggung oleh Grace Ocean dan Synergy, bukan oleh pembayar pajak Amerika,” tambahnya.

Selanjutnya: Uni Eropa dan China Diskusi Lagi Cari Alternatif Pengenaaan Tarif Kendaraan Listrik

Menarik Dibaca: 40 Twibbon Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 untuk Dipasang di Media Sosial



TERBARU
Kontan Academy
FREE WEBINAR - Bongkar Strategi Viral Digital Marketing Terbaru 2025 FREE WEBINAR - The Psychology of Selling

[X]
×