kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Powell: The Fed Perlu Lebih Banyak Bukti Penurunan Inflasi Sebelum Potong Suku Bunga


Selasa, 02 Juli 2024 / 21:57 WIB
Powell: The Fed Perlu Lebih Banyak Bukti Penurunan Inflasi Sebelum Potong Suku Bunga
ILUSTRASI. Federal Reserve Chairman Jerome Powell delivers the semi-annual Monetary Policy Report to the House Financial Services Committee hearing in Washington, U.S., February 27, 2018. REUTERS/Joshua Roberts


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SINTRA, Portugal. Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan, bank sentral Amerika Serikat (AS) masih memerlukan lebih banyak data sebelum memotong suku bunga.

Tujuannya untuk memastikan bahwa penurunan inflasi baru-baru ini memberikan gambaran yang akurat tentang apa yang terjadi dengan tekanan harga yang mendasarinya.

Data untuk bulan Mei menunjukkan bahwa ukuran inflasi yang disukai oleh The Fed tidak meningkat sama sekali pada bulan itu.

Sementara tingkat kenaikan harga selama 12 bulan telah menurun menjadi 2,6%, masih di atas target 2% bank sentral tetapi sedang dalam tren menurun.

Baca Juga: Wall Street Dibuka Turun Selasa (2/7), Saat Saham Megacap Melemah

"Kami hanya ingin memahami bahwa tingkat yang kami lihat adalah pembacaan yang benar tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan inflasi yang mendasarinya," kata Powell pada konferensi kebijakan moneter di Portugal yang disponsori oleh Bank Sentral Eropa, Selasa (2/7).

"Kami ingin lebih yakin dan sejujurnya karena ekonomi AS kuat ... kami memiliki kemampuan untuk mengambil waktu kami."

Namun, Powell mengakui bahwa bank sentral telah memasuki fase sensitif dalam diskusi kebijakannya di mana risiko terhadap tujuan inflasi dan pekerjaan The Fed "telah kembali mendekati keseimbangan."

Secara khusus, beberapa ukuran pasar kerja yang diawasi ketat menunjukkan bahwa ekonomi AS mungkin mendekati titik di mana kemajuan lebih lanjut pada inflasi akan melibatkan semacam pengorbanan dengan meningkatnya pengangguran yang sejauh ini telah dihindari oleh Fed.

"Anda tidak dapat mengetahui dengan tepat," kata Powell, "tetapi dipahami bahwa kami memiliki risiko dua sisi."

Baca Juga: Powell Says Fed Needs More Evidence of Falling Inflation Before Cutting Rates

"Dengan kekuatan yang kami lihat dalam ekonomi, kami dapat mendekati pertanyaan ini dengan hati-hati," kata Powell, sambil juga mencatat bahwa pembuat kebijakan tidak ingin mempertahankan kebijakan terlalu ketat terlalu lama dan "kehilangan ekspansi."

Jadwal Pemotongan Suku Bunga

The Fed telah mempertahankan suku bunganya dalam kisaran 5,25%-5,5% sejak Juli lalu, tetapi para pejabat sedang memperdebatkan kapan harus melonggarkan kebijakan moneter saat inflasi mendekati target 2%.

Inflasi masih lebih dari setengah persen di atas target tersebut, menurut indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi yang disukai oleh The Fed, dan digambarkan sebagai "tinggi" dalam pernyataan kebijakan bank sentral pada 12 Juni.

Data terbaru tentang inflasi dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, bagaimanapun, menunjukkan bahwa tekanan harga mungkin semakin mereda.

Investor mengantisipasi pengurangan suku bunga awal sebesar seperempat persen pada pertemuan The Fed 17-18 September.

Baca Juga: Investor Kripto Menantikan Data Ekonomi AS

Apakah The Fed akhirnya berada pada jadwal itu atau yang lebih tertunda akan bergantung pada laporan pekerjaan dan inflasi yang akan datang, termasuk rilis laporan pekerjaan bulanan untuk Juni pada hari Jumat dan rilis indeks harga konsumen untuk Juni pada 11 Juli.

Meskipun waktu pemotongan suku bunga awal mungkin tidak terlalu penting bagi hasil ekonomi yang lebih besar yang dicari oleh The Fed, para pembuat kebijakan menyadari risiko mempertahankan kebijakan moneter yang ketat terlalu lama.

Selain itu juga sensitif terhadap sinyal yang akan mereka kirimkan dengan memotong suku bunga.

Mereka ingin memastikan bahwa pengurangan biaya pinjaman pertama menjadi awal dari siklus pelonggaran moneter penuh yang membawa suku bunga turun secara bertahap ke tingkat di mana The Fed merasa tidak mendorong atau menghalangi bisnis dan rumah tangga untuk berinvestasi dan berbelanja.

Bagi banyak pejabat, itu adalah argumen untuk bersabar dan menunggu lebih lama untuk melakukan pemotongan suku bunga pertama.

Selanjutnya: ICDX Menyebut Realisasi Transaksi Komoditas Syariah Mencapai Rp 450 Miliar

Menarik Dibaca: 5 Rekomendasi Tablet untuk Anak Terbaik Tahun 2024, Cocok Digunakan di Sekolah




TERBARU

[X]
×