kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.960
  • EMAS705.000 1,15%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.13%

Presiden Bank Dunia David Malpass janji mempererat hubungan dengan China


Rabu, 10 April 2019 / 18:26 WIB

Presiden Bank Dunia David Malpass janji mempererat hubungan dengan China
Presiden Bank Dunia David Malpass

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden baru Bank Dunia David Malpass menyatakan akan mengembangkan hubungan yang baik dengan Bank China. Selain itu, Ia juga mengaku tidak akan mengubah komitmen pemberi pinjaman untuk memerangi perubahan iklim. Juga akan meningkatkan misi anti-kemiskinan.

Mengutip Reuters, Rabu (10/4), Malpass mejadi bos baru World Bank lantaran dinominasikan Presiden AS Donald Trump. Beberapa profesional pembangunan khawatir bahwa dia akan mengejar agenda Trump dengan melanjutkan pembiayaan untuk proyek-proyek tenaga batubara dan menekan China.


Tetapi Malpass membantah kekhawatiran tersebut. Kepada wartawan bahwa ia berjanji akan mengejar tujuan perubahan iklim, termasuk keputusan sebelumnya untuk menarik diri dari pendanaan tenaga batubara.

"Perubahan iklim merupakan masalah utama yang dihadapi banyak negara berkembang di seluruh dunia. Dewan dan gubernur telah menetapkan kebijakan tentang itu. Saya tidak akan ubah kebijakan itu, "kata Malpass. 

Malapass merupakan seorang eksekutif keuangan berpengalaman. Ia juga ekonom dan pejabat pengembangan pemerintah. Malpass baru-baru ini menjabat sebagai wakil menteri keuangan AS untuk urusan internasional. Kepiawaiannya mampu membantu menegosiasikan peningkatan modal Bank Dunia tahun lalu senilai US$ 13 miliar.

Pengembalian uang itu termasuk persyaratan bahwa bank bergilir meminjamkan uang dari negara-negara berpenghasilan menengah termasuk China ke negara-negara berpenghasilan rendah. 

Malpass pada saat itu sangat kritis terhadap kelanjutan pinjaman Tiongkok dari Bank Dunia dan inisiatif Belt and Road Beijing. Namun dia mengatakan, bahwa pinjaman baru untuk proyek-proyek China sudah menurun dan hubungan akan beralih ke salah satu peningkatan kontribusi kepada bank dan berbagi keahlian.

"Itu berarti evolusi di mana pinjaman China mulai sedikit dan mereka memiliki lebih banyak meningkatkan partisipasi dalam peningkatan modal," katanya, merujuk pada International Development Association, dana Bank Dunia untuk negara-negara termiskin.

Ia berjanji akan bekerja sama dengan China untuk meningkatkan standar proyek-proyek pembangunannya dengan lebih banyak transparansi utang dan standar pengadaan terbuka.

Pandangannya tentang China berbeda dengan pandangan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin, yang mengatakan kepada anggota parlemen bahwa kehadiran Malpass di Bank Dunia akan membantu Amerika Serikat bersaing dengan inisiatif Belt and Road China.

Program itu memerlukan ratusan miliar dolar dalam pengembangan infrastruktur dan investasi oleh China di sekitar 65 negara dengan penekanan pada rute transportasi.

Ditanya pada sidang Komite Jasa Keuangan House pada hari Selasa, apa yang dapat dilakukan Amerika Serikat untuk mendorong kembali kehadiran China yang semakin meningkat dalam pembangunan internasional, Mnuchin menjawab David Malpass, yang adalah wakil menterinya yang sekarang kepala Bank Dunia.

"Bank Dunia, digabungkan dengan badan pengembangan A.S. baru yang dibuat oleh Kongres tahun lalu, "dapat menjadi pesaing serius untuk Belt and Road mereka," tambah Mnuchin.

Amerika Serikat tetap menjadi pemegang saham terbesar Bank Dunia, dan Departemen Keuangan mengawasi kepentingan A.S. di institusi tersebut. 

Malpass mengatakan dia melihat tidak perlu melakukan restrukturisasi operasi Bank Dunia, tetapi dia akan berusaha membuat pinjaman lebih efektif untuk mengangkat orang keluar dari kemiskinan.


Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Redaksi | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0514 || diagnostic_web = 0.2986

Close [X]
×