kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puluhan Tentara Tewas Akibat Serangan HIMARS Buatan AS, Parlemen Rusia Marah


Selasa, 03 Januari 2023 / 20:21 WIB
Puluhan Tentara Tewas Akibat Serangan HIMARS Buatan AS, Parlemen Rusia Marah
ILUSTRASI. Bangunan?apartemen yang rusak akibat serangan militer Rusia, di kota Chasiv Yar, di wilayah Donetsk, Ukraina 10 Juli. Puluhan Tentara Tewas Akibat Serangan HIMARS Buatan AS, Parlemen Rusia Marah.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  MOSKOW. Kaum nasionalis Rusia dan sejumlah anggota parlemen marah dan menuntut diberi hukuman bagi para komandan Rusia yang mereka tuduh mengabaikan bahaya yang menewaskan 63 tentara Rusia.

Para komandan Rusia ini membangun barak tentara di samping tempat pembuangan amunisi di sebuah perguruan tinggi kejuruan di Makiivka, kota kembar ibu kota Donetsk yang diduduki Rusia di timur Ukraina. 

Dalam sebuah pengungkapan yang jarang terjadi, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 63 tentara tewas pada Malam Tahun Baru dalam ledakan api yang menghancurkan sebuah barak sementara di sebuah perguruan tinggi kejuruan di Makiivka, kota kembar ibu kota Donetsk yang diduduki Rusia di timur Ukraina.

Baca Juga: Puluhan Tentara Rusia Tewas dalam Salah Satu Serangan Paling Mematikan Selama Perang

Kritikus Rusia mengatakan tentara ditempatkan di samping tempat pembuangan amunisi di lokasi tersebut, yang menurut kementerian pertahanan Rusia terkena empat roket yang ditembakkan dari peluncur HIMARS buatan AS.

Ukraina dan beberapa blogger nasionalis Rusia menyebutkan jumlah korban tewas di Makiivka mencapai ratusan, meskipun pejabat pro-Rusia mengatakan perkiraan itu dibesar-besarkan.

Demonstrasi untuk memperingati orang mati diadakan di beberapa kota Rusia, termasuk Samara. Para pelayat meletakkan bunga di tengah Samara.

"Aku belum tidur selama tiga hari, Samara belum tidur. Kami terus berhubungan dengan istri orang-orang kami. Ini sangat sulit dan menakutkan. Tapi kami tidak bisa dihancurkan. Kesedihan bersatu ... Kami tidak akan maafkan, dan, tentu saja, kemenangan akan menjadi milik kita," kata RIA mengutip Yekaterina Kolotovkina, seorang perwakilan dewan wanita di unit tentara, dalam salah satu aksi unjuk rasa.

Serangan terhadap Makiivka terjadi saat Rusia meluncurkan gelombang serangan pesawat tak berawak setiap malam di Kyiv dan kota-kota Ukraina lainnya. 

Baca Juga: Tradisi Tahunan, Pakistan dan India Saling Bertukar Daftar Fasilitas Nuklir

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan dalam pidato video malamnya bahwa serangan itu ditujukan untuk "menghabiskan tenaga kami, pertahanan anti-pesawat kami, energi kami".

Serangan Rusia

Para pejabat Ukraina mengatakan, Rusia pada Senin menyerang bagian wilayah Donetsk yang dikuasai Ukraina, menghantam desa Yakovlivka, kota Kramatorsk, dan menghancurkan gelanggang es di kota Druzhkivka.

Gubernur wilayah Luhansk Ukraina, yang bersama dengan tetangganya Donetsk membentuk kawasan industri Donbas yang diklaim oleh Moskow, mengatakan pada Selasa bahwa pasukan Ukraina telah membuat kemajuan terus-menerus ke arah Svatove dan Kreminna yang dikuasai Rusia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×