kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putin: Pipa Nord Stream 2 akan Bantu Stabilkan Harga Energi di Pasar Eropa


Kamis, 30 Desember 2021 / 13:30 WIB
Putin: Pipa Nord Stream 2 akan Bantu Stabilkan Harga Energi di Pasar Eropa
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, pipa Nord Stream 2 bisa membantu dengan cepat mengurangi lonjakan harga energi Eropa. Sputnik/Alexei Nikolskyi/Kremlin via REUTERS.


Sumber: Al Jazeera | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSCOW. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (29/12), pipa baru ke Jerman atau Nord Stream 2 telah diisi dengan gas alam, dan itu bisa membantu dengan cepat mengurangi lonjakan harga energi Eropa.

Pipa Nord Stream 2 senilai US$ 11 miliar saat ini sedang menunggu persetujuan dari Jerman dan Uni Eropa. Tapi, para pejabat Jerman dan Uni Eropa memperingatkan, keputusan tidak akan datang pada paruh pertama 2022.

Yang pertama dari dua pipa sudah diisi gas pada Oktober lalu. Dan, Gazprom, perusahaan gas alam milik Pemerintah Rusia, melaporkan pada Rabu, mereka telah menyelesaikan pengisian yang kedua untuk membuatnya sepenuhnya siap beroperasi.

Putin menunjuk pada lonjakan harga energi di Eropa dan menambahkan, Nord Stream 2 bisa membantu menstabilkan pasar dengan cepat.

Baca Juga: Konsorsium Nord Stream 2 Wajib Bikin Anak Usaha di Jerman, Ini Pertimbangan Legalnya

"Rute tambahan baru ini tentu akan membantu menstabilkan harga di pasar Eropa," kata Putin dalam pertemuan dengan pejabat energi, seperti dikutip Al Jazeera. 

“Itu pasti akan mempengaruhi harga di pasar spot, dan konsumen di negara-negara yang menggunakan gas Rusia akan langsung merasakannya,” ujar Presiden Rusia.

Pipa baru sepanjang 1.234 kilometer, yang memiliki kapasitas tahunan 55 miliar meter kubik (1,9 triliun kaki kubik), akan menggandakan volume gas yang dipompa oleh Gazprom langsung ke Jerman, menambah pipa serupa di bawah Laut Baltik tanpa melewati Polandia dan Ukraina. 

Baca Juga: Harga Gas Eropa Kembali Melonjak, Ada Kekhawatiran Pasca Penundaan Izin Nord Stream 2

Kritikus Nord Stream 2 di AS, Ukraina, dan Polandia memperingatkan, itu akan meningkatkan pengaruh Rusia atas Eropa, mengadu domba negara-negara anggota Uni Eropa satu sama lain, dan menghilangkan penerimaan transit Ukraina. 

Washington telah menekankan penargetan Nord Stream 2 untuk melawan setiap langkah militer baru Rusia melawan Ukraina.

Moskow membantah tuduhan Barat bahwa pihaknya sedang menyusun rencana untuk menyerang Ukraina. 

Rusia bersikeras, Nord Stream 2 adalah proyek komersial murni yang akan membantu memastikan pasokan jangka panjang yang lebih andal, dan membantu menghemat miliaran biaya transit yang dibayarkan ke Polandia dan Ukraina.




TERBARU

[X]
×