kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekaman Kongres China yang Baru Perdalam Misteri Tentang Keluarnya Hu Jintao


Selasa, 25 Oktober 2022 / 23:30 WIB
Rekaman Kongres China yang Baru Perdalam Misteri Tentang Keluarnya Hu Jintao


Sumber: BBC | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Rekaman baru telah muncul menunjukkan lebih banyak tentang apa yang terjadi sebelum mantan Presiden China Hu Jintao secara dramatis dibawa keluar dari sesi selama Kongres Partai Komunis pekan lalu di Beijing.

Rekaman terbaru ini menunjukkan lebih rinci bagaimana anggota Politbiro Li Zhanshu, di sebelah kiri Hu, mengambil file dan berbicara dengannya.

Kemudian pemimpin China saat ini Xi Jinping memberikan instruksi panjang kepada pria lain yang kemudian berusaha membujuk Hu untuk pergi.

Momen tak terduga itu menyebabkan spekulasi yang intens, dengan beberapa orang berpendapat bahwa itu adalah permainan kekuasaan yang disengaja oleh Xi untuk menunjukkan bahwa era Hu yang lebih didorong oleh konsensus pasti telah berakhir sementara yang lain menyarankan itu mungkin karena kesehatan Hu yang buruk.

Baca Juga: Mantan Presiden China Hu Jintao Dikawal Keluar dari Kongres Partai

Kantor berita resmi Xinhua kemudian mentweet bahwa Hu telah dikawal dari kamar setelah merasa tidak enak badan - tetapi tidak melaporkannya di dalam negeri. Twitter diblokir untuk pengguna di China.

Momen itu terjadi sehari sebelum Xi mengumumkan masa jabatan ketiganya dan tim loyalis utamanya - baik waktu maupun fakta bahwa politik China begitu buram memicu permainan tebak-tebakan global tentang apa yang telah terjadi.

Banyak yang bertanya-tanya apakah itu adalah bagian dari teater politik yang disengaja. Tidak seperti Hu, yang masa kepresidenannya antara 2003 dan 2013 dipandang sebagai waktu untuk membuka diri terhadap dunia luar, Xi telah memimpin sebuah negara yang semakin terisolasi.

Rekaman baru, yang disiarkan Channel News Asia yang berbasis di Singapura, tidak membantah pernyataan resmi bahwa Hu sakit. Tapi itu juga menunjukkan bahwa penanganan dokumen Hu di hadapannya berperan dalam insiden tersebut.

Menambah intrik, Li Zhanshu tampaknya akan berdiri untuk membantu Hu tetapi kemudian tampaknya ditarik kembali ke kursinya oleh Wang Huning di sebelah kirinya.

Baca Juga: Xi Jinping Kian Memperkuat Cengkeramannya Saat Kongres Partai Ditutup

Sementara itu Hu mengatakan sesuatu kepada Xi tanpa ekspresi saat dia dikawal keluar, sementara pria lain yang duduk di barisan tidak berbalik saat dia dibawa keluar.

Deng Yuwen, mantan editor surat kabar Partai Komunis, Study Times, mengatakan tidak ada alasan partai akan meletakkan dokumen yang tidak boleh dibaca Hu tepat di hadapannya pada pertemuan tingkat tinggi dengan kamera bergulir.

"Itu memang situasi yang tidak biasa," katanya. "Tidak ada yang bisa menjelaskannya sampai ada lebih banyak bukti tentang apa yang ada di dalam file itu, atau apa yang dikatakan di tempat kejadian."




TERBARU

[X]
×