kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Respons ancaman China, militer Jepang, AS dan Prancis gelar latihan gabungan


Jumat, 23 April 2021 / 17:02 WIB
Respons ancaman China, militer Jepang, AS dan Prancis gelar latihan gabungan
ILUSTRASI. Respons ancaman China, militer Jepang, AS dan Prancis gelar latihan gabungan


Sumber: Nikkei | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Menteri pertahanan Jepang, Nobuo Kishi, mengumumkan pada konferensi pers pada hari Jumat (23/4) bahwa Jepang, Amerika Serikat (AS) dan Prancis akan melakukan latihan militer bersama di pulau Kyushu, Jepang selatan pada bulan Mei seperti dilansir Nikkei.

Pasukan Pasukan Bela Diri Darat Jepang, Marinir AS, dan pasukan Angkatan Darat Prancis akan berpartisipasi. Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan operasi gabungan untuk mempertahankan pulau-pulau terpencil. 

Dengan semakin seringnya China melakukan perampokan maritim di Laut China Timur, terutama di sekitar Kepulauan Senkaku, yang dikelola oleh Tokyo tetapi diklaim oleh Beijing, Jepang berharap dapat meningkatkan kemampuannya untuk bekerja dengan sekutu dalam pertahanan.

Latihan tersebut akan diadakan dari 11 hingga 17 Mei di Camp Ainoura, di Prefektur Nagasaki, di mana Brigade Penyebaran Cepat Amfibi GSDF, sebuah unit yang mengkhususkan diri dalam pertahanan pulau-pulau terpencil, ditempatkan. 

Baca Juga: Rusia dan China punya senjata yang lebih murah dan sulit dilacak daripada nuklir

Latihan juga akan diadakan di Kirishima Training Ground, di prefektur Miyazaki dan Kagoshima, dan di laut dan wilayah udara di sebelah barat Kyushu. Menurut GSDF, ini akan menjadi pertama kalinya pasukan Jepang, AS, dan Prancis melakukan latihan lapangan bersama di Jepang.

Prancis, yang memiliki wilayah di Samudra Pasifik, telah meningkatkan pelatihannya di Indo-Pasifik tahun ini, memperkuat kerjasamanya dengan Jepang dan AS. Bulan ini, India untuk pertama kalinya ambil bagian dalam "La Perouse," bahasa Prancis- memimpin latihan maritim bersama dengan Pasukan Bela Diri Maritim, AS, dan Australia di Teluk Benggala.

"Prancis adalah rekan dalam visi Indo-Pasifik kami. Kami ingin meningkatkan keterampilan taktis kami dalam pertahanan pulau," Kishi menekankan pada konferensi pers.

SDF telah memperkuat hubungannya dengan negara-negara Eropa. Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan mengirimkan kapal induk HMS Queen Elizabeth ke Asia akhir musim semi ini. Dan Jerman mengirim fregat ke Asia. Itu juga mengoordinasikan latihan untuk memanfaatkan panggilan pelabuhan.

Selanjutnya: Bernard Arnault geser Elon Musk dari posisi orang terkaya kedua di dunia




TERBARU

[X]
×