Respons Invasi Rusia ke Ukraina, WHO Eropa Keluarkan Resolusi Ini

Selasa, 10 Mei 2022 | 20:14 WIB Sumber: Reuters
Respons Invasi Rusia ke Ukraina, WHO Eropa Keluarkan Resolusi Ini

ILUSTRASI. WHO Eropa mengeluarkan resolusi yang bisa mengakibatkan penutupan kantor regional Rusia. REUTERS/Denis Balibouse.


KONTAN.CO.ID - JENEWA. Anggota Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO kawasan Eropa mengeluarkan resolusi pada Selasa (10/5) yang bisa mengakibatkan penutupan kantor regional Rusia dan penangguhan pertemuan di negara itu sebagai tanggapan atas invasi ke Ukraina.

Meengutip Reuters, sidang khusus WHO kawasan Eropa mengeluarkan resolusi, yang mendapat dukungan dari Ukraina dan Uni Eropa, dengan 43 negara anggota mendukung dan tiga menentang (Rusia, Belarus, Tajikistan) serta dua abstain.

Para pendukung menganggap resolusi sebagai langkah politik penting untuk mengisolasi Moskow, tapi mereka berusaha keras untuk menghindari dampak besar pada sistem kesehatan Rusia.

Baca Juga: Hidupkan UU Lama, Biden Percepat Pengiriman Senjata ke Ukraina untuk Lawan Rusia

Resolusi tersebut mengacu pada "darurat kesehatan" di Ukraina, korban massal, serta risiko penyakit kronis dan menular akibat dari tindakan militer Rusia.

Utusan Rusia Andrey Plutnitsky menentang resolusi itu dan "sangat kecewa". "Kami percaya, ini adalah momen bahaya besar bagi sistem perawatan kesehatan global," katanya dalam pertemuan anggota dan pejabat tinggi WHO Eropa, seperti dilansir Reuters.

Beberapa pihak juga mengkritik resolusi WHO, yang masih belum cukup untuk "menghukum" Rusia.

Para diplomat mengatakan kepada Reuters, mereka telah membatalkan upaya untuk menangguhkan Rusia dari dewan eksekutif WHO karena teknis hukum, meskipun anggota bisa berusaha untuk membekukan hak suara Moskow pada pertemuan besar akhir bulan ini.

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru