kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.404   1,00   0,01%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Robert Kiyosaki Bocorkan Cara Ayah Kaya Susun Rencana Pensiun Anti Gagal


Jumat, 06 September 2024 / 03:00 WIB
Robert Kiyosaki Bocorkan Cara Ayah Kaya Susun Rencana Pensiun Anti Gagal
ILUSTRASI. Robert Kiyosaki membocorkan bagaimana cara Rich Dad atau Ayah Kaya dalam menyusun rencana pensiun yang sukses.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Dalam blog resminya richdad.com, investor kenamaan Robert Kiyosaki membocorkan bagaimana cara Rich Dad atau Ayah Kaya dalam menyusun rencana pensiun yang sukses. 

Sejak Kiyosaki masih kecil dan duduk di sekolah dasar, dia sudah dididik oleh ayah kayanya tentang perbedaan antara orang kaya, orang miskin, dan kelas menengah.

"Jika kamu menginginkan keamanan kerja, ikuti nasihat ayahmu. Jika kamu ingin menjadi kaya, kamu harus mengikuti nasihat saya," katanya.

Ayah kaya kemudian menunjukkan kepada Robert perbedaan antara rencana investasinya dan rencana investasi ayah miskinnya (ayah kandungnya).

Hal penting yang disampaikan ayah kaya adalah bahwa meskipun kita hidup di negara bebas, tidak semua orang bermain dengan aturan yang sama. Orang kaya punya hukum mereka sendiri yang memungkinkan mereka menjadi lebih kaya.

Ayah kaya kemudian mengajari Kiyosaki bahwa karena ayah kandungnya adalah seorang karyawan, ia harus membayar pajak terlebih dahulu dan baru berinvestasi. 
Itu berarti bahwa hingga 50 persen atau lebih dari pendapatannya akan digunakan sebelum ia dapat mulai berinvestasi.

Sebagai pemilik bisnis, ayah kaya dapat membeli aset melalui bisnisnya dan kemudian membayar pajak atas pendapatan yang tersisa. Ia membeli asetnya terlebih dahulu dan membayar pajaknya kemudian.

“Saya membayar pajak atas pendapatan bersih,” katanya. “Ayah kamu membayar pajak atas pendapatan kotornya, dan kemudian mencoba membeli aset. Karena itu, sangat, sangat sulit baginya untuk mencapai kekayaan apa pun.”

Ia mengakhiri dengan mengatakan, “Buatlah keputusan tentang masa depan Anda dengan bijak. Putuskan aturan mana yang ingin Anda ikuti.”

Terkait hal tersebut, ayah kaya membeberkan cara untuk menjadi kaya raya dan menyusun rencana pensiun anti gagal. 

1. Penabung adalah pecundang

Saat Anda mendiskusikan rencana pensiun dengan perencana keuangan pada umumnya, Anda akan mendapati bahwa mereka menyarankan untuk menyimpan dana dan menabung biaya selama beberapa tahun untuk melindungi Anda saat pasar jatuh.

Saran ini gagal memperhitungkan bahwa dolar sedang sekarat. Apa yang terjadi jika inflasi melonjak dan Anda terjebak dengan uang tunai selama 3 hingga 5 tahun? Tabungan Anda menjadi tidak berharga dan Anda merugi.

Daripada menyimpan uang tunai, simpan likuiditas Anda dalam aset yang dapat dengan cepat dicairkan dan yang melindungi dari inflasi, bukan yang kehilangan nilainya. Itu bisa berupa emas, perak, minyak, dan lain-lain.

2. Investasikan untuk aset yang memberikan arus kas

Konsultan keuangan mungkin juga menyarankan untuk mempertimbangkan asuransi perawatan jangka panjang sebagai lindung nilai terhadap biaya panti jompo di masa mendatang.

Dalam skenario ini, kesehatan Anda pasti sangat buruk sehingga Anda tidak dapat mengurus diri sendiri atau sudah sangat tua sehingga tabungan Anda yang sedikit telah habis untuk menuai manfaat dari investasi Anda.

Daripada menyerahkan uang Anda ke perusahaan asuransi atau menyimpannya dengan pengembalian nol untuk anuitas hari tua, mulailah sekarang untuk berinvestasi pada aset yang akan memberikan arus kas yang Anda butuhkan untuk menutupi pengeluaran Anda saat Anda bertambah tua. Ini cerdas karena membuat uang Anda bekerja untuk Anda selama masa pensiun. Anda mendapatkan uang tunai, dan Anda menyimpan aset Anda.

3. Investasi dalam portofolio yang benar-benar terdiversifikasi

Banyak orang berpikir diversifikasi berarti menyebarkan uang Anda ke berbagai jenis aset kertas.

Satu-satunya masalah adalah ketika Anda melakukan itu, Anda tidak benar-benar terdiversifikasi karena Anda memindahkan uang Anda hanya dalam satu kelas aset. 

Diversifikasi sejati melibatkan investasi di sebanyak mungkin dari lima kelas aset: kertas, real estat, komoditas, bisnis, dan mata uang kripto.

Portofolio yang benar-benar terdiversifikasi juga mencegah pukulan dramatis yang mungkin Anda hadapi sebagai akibat dari inflasi. 

4. Manfaatkan pajak untuk keuntungan Anda

Orang kaya tahu cara berinvestasi dengan cara yang membayar sedikit atau tidak sama sekali pajak. Diperlukan kecerdasan finansial untuk berinvestasi dengan cara ini. 

Jadi, daripada menghabiskan waktu mencari tahu cara memindahkan uang Anda dengan cara yang membuat Anda tetap miskin untuk menghindari pajak, luangkan waktu dan upaya untuk mempelajari cara menginvestasikan uang Anda dengan cara yang membuat Anda kaya dan mengurangi beban pajak Anda.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×