kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat Sanksi Dimulai, Arus Perdagangan Rusia Bergeser ke China


Rabu, 23 Februari 2022 / 22:02 WIB
Saat Sanksi Dimulai, Arus Perdagangan Rusia Bergeser ke China
ILUSTRASI. Containers and cargo vessels are seen at sunset at a port in Lianyungang, Jiangsu province, China March 12, 2019.


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Amerika Serikat (AS) siap untuk melepaskan serangkaian sanksi yang lebih luas terhadap Rusia jika Moskow meningkatkan konflik di Ukraina, menolak akses lembaga keuangan dan perusahaan utama Rusia ke transaksi dolar AS dan pasar global untuk perdagangan, ekspor energi dan pembiayaan.

Tetapi Amerika Serikat dan sekutunya belum pernah mencoba untuk memotong ekonomi senilai US$ 1,5 triliun dari perdagangan global, dan tidak jelas seberapa besar tekanan yang bahkan dapat diberikan sanksi Barat terhadap Moskow.

Melansir Reuters, Rabu (23/2), tinjauan terhadap data perdagangan Bank Dunia dan PBB menunjukkan bahwa sejak sanksi yang lebih ringan dijatuhkan pada tahun 2014 setelah Rusia mencaplok Krimea Ukraina, China telah muncul sebagai tujuan ekspor terbesarnya.

Baca Juga: Putin: Kepentingan Rusia, Keamanan Warga Kami, Tidak Bisa Dinegosiasikan

Sanksi baru dapat mendorong Rusia untuk mencoba memperdalam hubungan perdagangan non-dolarnya dengan Beijing dalam upaya untuk menghindari pembatasan, kata Harry Broadman, mantan negosiator perdagangan AS dan pejabat Bank Dunia dengan pengalaman China dan Rusia.

"Masalah sanksi, terutama yang melibatkan produsen minyak, yaitu Rusia, akan terjadi kebocoran dalam sistem," kata Broadman. "China mungkin berkata, 'Kami akan membeli minyak di pasar terbuka dan jika itu minyak Rusia, biarlah."

Di bawah perintah eksekutif yang ditandatangani oleh Presiden Joe Biden pada hari Senin, setiap lembaga di sektor jasa keuangan Rusia menjadi target sanksi lebih lanjut, Gedung Putih mengatakan, mencatat bahwa lebih dari 80% transaksi valuta asing harian Rusia dan setengah dari perdagangannya dilakukan di dolar.

Baca Juga: Ramai-Ramai Jatuhkan Sanksi kepada Rusia, Bankir di Eropa Mulai Cemas

Biden, dalam mengumumkan serangkaian sanksi awal pada hari Selasa untuk menghukum Rusia karena memerintahkan pasukan ke dua wilayah separatis di Ukraina timur, mengatakan dia akan "mengambil tindakan tegas untuk memastikan rasa sakit akibat sanksi kami ditargetkan pada ekonomi Rusia, bukan milik kami."




TERBARU

[X]
×