kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45827,22   1,41   0.17%
  • EMAS1.040.000 1,17%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Satelit Ofek 16: Satelit yang jadi mata Israel di langit untuk mengawasi Iran


Sabtu, 11 Juli 2020 / 12:03 WIB
Satelit Ofek 16: Satelit yang jadi mata Israel di langit untuk mengawasi Iran
ILUSTRASI. Ilustrasi peluncuran satelit. China Daily via REUTERS 

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JERUSALEM. Peluncuran satelit mata-mata terbaru Israel, Ofek 16, ke ruang angkasa pada Senin pagi menandai keberhasilan militer yang signifikan bagi negara Yahudi itu.

Melansir Jerusalem Post, satelit tersebut lepas landas dari pangkalan udara Palmahim di pusat negara dengan menggunakan peluncur Shavit - yang menurut laporan asing digunakan untuk meluncurkan rudal balistik Jericho. Ofek 16 berhasil masuk ke orbit dan diperkirakan akan mengirim kembali gambar resolusi tinggi pertamanya hingga minggu depan.

Baca Juga: Ledakan keras kembali terdengar dari lokasi militer Iran

Peluncuran tersebut dilakukan pada saat Israel masih terhuyung-huyung akibat penyebaran virus corona, di mana lebih dari 1.000 kasus baru yang dikonfirmasi dalam sehari dengan angka kematian hampir 350 orang. Hal tersebut menyebabkan Pemerintah Israel memberlakukan pembatasan dan penguncian pada komunitas tertentu.

Peluncuran itu juga terjadi pada saat ketegangan antara Israel dan Iran menuju ruang angkasa, di mana sejumlah ledakan misterius telah menargetkan proyek rudal dan nuklir Teheran. Sementara, Iran telah dituduh menargetkan pasokan air Israel dalam serangan cyber, serta merencanakan berbagai teroris serangan yang menargetkan sasaran Yahudi dan Israel di seluruh dunia.

Baca Juga: Sesumbar Iran: Kota-kota rudal terbaru adalah mimpi buruk bagi musuh kami

Tetapi krisis ekonomi yang berasal dari dampak virus baru telah menyebabkan kenaikan signifikan dalam angka pengangguran, dan sektor pertahanan Israel tidak kebal atas virus ini. Israel Aerospace Industries, kontraktor utama untuk satelit, akan memberhentikan sekitar 900 pekerja. Meskipun PHK akan dilakukan di departemen penerbangan perusahaan, industri satelit tetap khawatir.

Seperti Angkatan Udara Israel, industri satelit adalah komponen kunci dari kemampuan militer strategis negara Yahudi. Mereka adalah "mata nyata di langit," yang mengawasi musuh-musuh Israel 24/7 dari jauh.

Baca Juga: Iran: Tak ada rahasia, kami tengah negosiasi kesepakatan 25 tahun dengan China

"Itulah sebabnya proyek itu ditandai sebagai prioritas," kata manajer umum Divisi Ruang IAI Shlomi Sudri dan pejabat lainnya.

 



TERBARU

[X]
×