kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekarang perempuan dewasa di Arab Saudi bisa bepergian sendiri ke luar negeri


Minggu, 04 Agustus 2019 / 20:53 WIB
Sekarang perempuan dewasa di Arab Saudi bisa bepergian sendiri ke luar negeri


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Perempuan di Arab Saudi sudah dapat bepergian ke luar negeri tanpa izin dari wali pria. Pemerintah Saudi baru saja mengeluarkan beleid anyar yang mengatur tentang itu.

Dalam aturan baru yang diumumkan pada Jumat (2/8), perempuan yang berusia di atas 21 tahun dapat mengajukan paspor tanpa izin dari wali pria.

Baca Juga: Wiranto sebut Rizieq Shihab tak bisa pulang karena punya masalah pribadi

Dengan begitu, semua orang dewasa di Saudi saat ini dapat mengajukan paspor dan bepergian sehingga posisi perempuan akan setara dengan pria.

Mengutip CNN, Minggu (4/8), keputusan kerajaan memberikan hak kepada perempuan untuk mendaftarkan kelahiran anak, perkawinan atau perceraian.

Selain hak bepergian secara independen, aturan anyar itu juga memperluas kesempatan kerja bagi perempuan. Di bawah peraturan ini, semua warga negara memiliki hak untuk bekerja tanpa menghadapi diskriminasi berdasarkan jenis kelamin, disabilitas atau usia.

Arab Saudi memang semakin mendapat sorotan atas perlakuannya terhadap perempuan setelah banyak wanita dari Saudi mencari suaka ke luar negeri. Perempuan di negara ini masih harus meminta izin dari wali laki-laki - suami, ayah atau saudara laki-laki lainnya untuk mendapatkan paspor atau bepergian ke luar negeri.

Baca Juga: Arab Saudi bantah meminta gadis pencari suaka di Thailand untuk diekstradisi

Ada sejumlah kasus kaum perempuan Saudi yang mencari suaka ke beberapa negara seperti Kanada, karena mereka mengklaim mengalami penindasan gender.

Putra mahkota Saudi, Mohammed bin Salman memang telah melonggarkan pembatasan di negara itu, seperti larangan mengemudi bagi perempuan, sebagai bagian dari dorongan besar negara itu untuk lebih terbuka.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×