kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sekjen PBB ke Putin: Hentikan Pasukan Anda untuk Menyerang Ukraina


Kamis, 24 Februari 2022 / 11:59 WIB
Sekjen PBB ke Putin: Hentikan Pasukan Anda untuk Menyerang Ukraina
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan permohonan pribadi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk tidak menyerang Ukraina. Putin pada Kamis (24/2) mengumumkan operasi militer di Ukraina.

Hadir dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan terkait krisis Rusia-Ukraina, Guterres juga mengingatkan, sudah ada terlalu banyak orang yang tewas dalam konflik. Ia berharap, Rusia bisa mengurungkan niatnya.

"Presiden Putin, hentikan pasukan Anda untuk menyerang Ukraina, beri kesempatan damai, terlalu banyak orang telah tewas," ungkap Guterres, seperti dikutip The Straits Times.

Baca Juga: Putin: Saya Telah Membuat Keputusan Operasi Militer di Ukraina Timur

Serangan Rusia terhadap Ukraina dimulai

Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina Timur pada Kamis. Langkah ini dianggap akan menjadi awal perang di Eropa atas tuntutan Rusia untuk mengakhiri ekspansi NATO ke arah Timur.

Perintah tersebut disampaikan langsung oleh Putin dalam sebuah pidato yang disiarkan oleh kanal televisi pemerintah. Tak lama setelahnya, ledakan mulai terdengar di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Kantor berita Interfax mengabarkan, serangan terjadi menjelang fajar dan berpusat di dekat bandara utama di Kyiv.

Dilansir dari Reuters, Putin mengatakan, dia telah mengizinkan operasi militer khusus di daerah-daerah yang memisahkan diri di Ukraina Timur dan bentrokan antara pasukan Rusia dan Ukraina hanya masalah waktu.

"Semua tanggungjawab atas pertumpahan darah akan berada pada hati nurani rezim yang berkuasa di Ukraina. Saya memerintahkan pasukan Rusia untuk melindungi rakyat dan menuntut pasukan Ukraina meletakkan senjata mereka," ungkap Putin.

Hingga saat ini, jangkauan operasi militer Rusia di Ukraina masih belum jelas. Namun, citra satelit yang diambil pada Rabu (23/2) menunjukkan ada penempatan pasukan baru di Rusia Barat.

Banyak di antara pasukan Rusia itu berada dalam jarak 16 km dari perbatasan dengan Ukraina dan kurang dari 50 mil dari Kota Kharkiv di Ukraina.

Baca Juga: Selain Kyiv, Tiga Kota di Ukraina Ini Diprediksi akan Menjadi Sasaran Rusia




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×