kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Senat AS sepakat sidang pemakzulan Donald Trump ditunda


Minggu, 24 Januari 2021 / 08:36 WIB
Senat AS sepakat sidang pemakzulan Donald Trump ditunda
ILUSTRASI. Senat AS sepakat sidang pemakzulan Donald Trump ditunda


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Para pemimpin Senat Amerika Serikat (AS) pada hari Jumat sepakat untuk menunda persidangan pemakzulan mantan Presiden AS Donald Trump selama dua minggu. Keputusan ini memberi lebih banyak waktu bagi Senat AS untuk fokus pada agenda legislatif Presiden AS Joe Biden.

Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, seorang Demokrat, mengatakan persidangan pemakzulan akan dimulai pada minggu Senin 8 Februari 2021. Keputusan ini kemudian dipuji petinggi Partai Republik, Mitch McConnell.

Mengutip Reuters, Minggu (24/1), Dewan Perwakilan Rakyat akan secara resmi menyampaikan kepada Senat pada hari Senin dakwaan pemakzulan yang menuduh Trump menghasut pemberontakan, sebuah langkah yang biasanya akan memicu dimulainya persidangan dalam satu hari.

Tuduhan itu berasal dari pidato pembakar Trump kepada para pendukung sebelum mereka menyerbu Capitol pada 6 Januari dalam amukan yang menunda sertifikasi resmi kongres atas kemenangan pemilihan Biden dan menewaskan lima orang, termasuk seorang petugas polisi.

Baca Juga: Taiwan kerahkan rudal saat pesawat tempur China masuk wilayah udaranya

Schumer mengatakan perubahan jadwan ini akan memungkinkan Senat bergerak cepat memproses kebijakan utama Biden dalam menunjuk para pembantunya dan tugas lainnya sambil memberi waktu bagi anggota DPR yang akan menuntut kasus tersebut dan tim Trump lebih banyak waktu untuk mempersiapkan persidangan.

“Selama periode itu, Senat akan terus melakukan kegiatan lain untuk rakyat Amerika, seperti nominasi Kabinet dan RUU bantuan COVID yang akan memberikan bantuan bagi jutaan orang Amerika yang menderita selama pandemi ini,” kata Schumer di lantai Senat.

Garis waktu adalah kompromi setelah McConnell meminta DPR yang dipimpin Demokrat untuk menunda pengiriman dakwaan hingga Kamis depan, dan meminta Schumer untuk menunda persidangan hingga pertengahan Februari untuk memberi Trump lebih banyak waktu mempersiapkan pembelaan.

Doug Andres, juru bicara McConnell, mengatakan bosnya senang Demokrat telah memberikan lebih banyak waktu untuk membela Trump, dan menyusun jadwal yang dapat membuat persidangan dimulai segera pada 9 Februari. “Ini adalah kemenangan karena proses dan keadilan,” kata Andres.

Di bawah garis waktu, manajer pemakzulan DPR akan mengajukan arahan pra-persidangan mereka dan tim pembela Trump akan mengajukan jawaban atas dakwaan pemakzulan pada 2 Februari, dan masing-masing pihak akan menanggapi pengajuan tersebut pada 8 Februari.

Selanjutnya: Kenapa Demokrat ngotot makzulkan Trump meski sudah tak lagi jadi presiden AS?




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×