kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sengaja ingin ganggu AS, militer Iran kirim kapal perang ke Atlantik


Senin, 12 Juli 2021 / 11:41 WIB
Sengaja ingin ganggu AS, militer Iran kirim kapal perang ke Atlantik
ILUSTRASI. Sebuah peluru kendali diluncurkan oleh militer Iran saat latihan angkatan laut di Teluk Oman, dalam foto yang didapatkan Kamis (14/1/2021).


Sumber: Sputnik News | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TEHRAN. Angkatan Laut Iran mengirim kapal perang ke Samudra Atlantik untuk pertama kalinya dalam sejarah negara. Komandan militer Iran mengakui pengiriman tersebut untuk mengganggu Amerika Serikat.

Dilansir dari Sputnik News, komandan Angkatan Laut Laksamana Hossein Khanzadi telah mengungkapkan bahwa pengerahan kapal perang Iran ke Atlantik akan mengirim pesan khusus tentang dukungan Iran untuk dunia yang tertindas.

Kapal perusak Sahand dan kapal pendukung Makran berlayar ke Samudra Atlantik pada bulan Mei. Media AS melaporkan bahwa armada itu mungkin membawa senjata ke Venezuela.

"Sebagian dari kehadiran itu adalah karena Amerika mengatakan Iran tidak dapat hadir di Atlantik. AS khawatir bahwa hari ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah Iran, gerbang Atlantik telah dibuka untuk kita," ungkap sang komandan.

Laksamana Khanzadi menyindir AS yang disebutnya ketakutan ketika mengetahui militer Iran telah sanggup mengirim armada tempur sejauh 5.000 km dari markas.

"Amerika telah mendirikan pangkalan di sekitar kita selama bertahun-tahun, dan hari ini mereka ketakutan. Ketakutan ini karena kehadiran Iran mematahkan hegemoni Amerika Serikat," ungkapnya.

Baca Juga: Tiga roket kembali menyerbu kompleks kedutaan AS di Baghdad

Khanzadi juga menekankan bahwa keamanan perbatasan maritim Iran sangat terjamin dan tidak mungkin kapal asing mana pun hadir di daerah itu tanpa diawasi oleh militer Iran.

Iran kini berencana memperkuat tubuh militernya dengan mendatangkan armada tempur laut sebelum akhir tahun 2021. Salah satunya adalah hovercraft peluncur rudal yang dikembangkan di dalam negeri.

Khanzadi menambahkan bahwa kapal lain, termasuk Damavand, perusak kelas Moudge, dan Konarak, kapal perang baru dari kelas yang masih misterius, akan bergabung dengan armada pada musim gugur.

Sebuah kapal kapal intelijen jarak jauh yang tidak disebutkan namanya juga akan mulai beroperasi dalam waktu dekat untuk melengkapi kemampuan pelayaran laut Iran yang masih baru.

Militer Iran juga dilaporkan sudah mendapat dukungan dari sebuah perusahaan Iran yang merancang dan membangun mesin diesel laut baru untuk memperluas jangkauan Angkatan Laut Iran.

Selanjutnya: Pertempuran militer AS dan milisi Iran meningkat, ini kekhawatiran kongres AS




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×