kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,21   -3,65   -0.36%
  • EMAS963.000 0,94%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.32%

Tak sengaja, penyelam Jerman menemukan mesin sandi Nazi legendaris


Kamis, 03 Desember 2020 / 23:45 WIB
Tak sengaja, penyelam Jerman menemukan mesin sandi Nazi legendaris


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Penyelam Jerman yang mencari jaring ikan yang dibuang di Laut Baltik menemukan mesin sandi Enigma langka yang digunakan oleh militer Nazi selama Perang Dunia Kedua, yang mereka yakini terlempar ke laut dari kapal selam yang ditenggelamkan.

Berpikir bahwa mereka telah menemukan mesin tik yang terjerat jaring di dasar laut Teluk Gelting, arkeolog bawah air Florian Huber dengan cepat menyadari signifikansi historis dari temuan tersebut.

"Saya telah membuat banyak penemuan menarik dan aneh dalam 20 tahun terakhir. Tapi, saya tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari kami akan menemukan salah satu mesin Enigma yang legendaris,” kata Huber seperti dikutip Reuters.

Militer Nazi menggunakan mesin tersebut untuk mengirim dan menerima pesan rahasia selama Perang Dunia Kedua. Tetapi, kriptografer Inggris memecahkan kode tersebut, membantu Sekutu mendapatkan keuntungan dalam perjuangan Angkatan Laut untuk menguasai Atlantik.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Jerman menginvasi Polandia, menjadi awal mula Perang Dunia II

Seperti mesin tik

Di pusat pemecah kode Bletchley Park, tim Inggris yang dipimpin oleh Alan Turing berhasil mengungkap kode tersebut, memperpendek perang dan menyelamatkan ribuan nyawa.

Sesaat sebelum Jerman menyerah pada Mei 1945, sekitar 50 awak kapal selam atau U-Boots Jerman mengikuti perintah untuk menenggelamkan kapal mereka di Gelting Bay, dekat perbatasan Denmark, untuk menghindari penyerahan mereka ke Sekutu. Menghancurkan perangkat enkripsi adalah bagian dari perintah.

“Kami menduga Enigma kami dibuang ke laut selama perang,” kata Huber dari perusahaan Submaris yang berbasis di Kiel yang memimpin misi penelitian bawah air.

Secara keseluruhan, Jerman menenggelamkan lebih dari 200 kapal selam mereka di Laut Utara dan Baltik pada akhir perang.

Baca Juga: Fakta-fakta penting Perang Dunia II, penyebab hingga negara yang terlibat

Perangkat Enigma, yang terlihat seperti mesin tik, terdiri dari keyboard dan roda yang mengacak pesan. Meskipun beberapa ratus ribu mesin diproduksi, hanya beberapa ratus yang diketahui keberadaannya. Mereka menjual di lelang seharga puluhan ribu euro.

Temuan yang dibuat oleh penyelam yang bekerja atas nama WWF dengan tujuan menemukan jaring ikan terlantar yang membahayakan kehidupan laut, akan diberikan ke museum arkeologi di Schleswig.

Selanjutnya: 100 Tahun Perjanjian Versailles: Bagi Jerman Berakhir dengan Bencana

 


Tag


TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×