kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Temuan Ini Bisa Identifikasi Orang Paling Berisiko Terkena Penyakit Parah Covid-19


Kamis, 13 Januari 2022 / 23:10 WIB
Temuan Ini Bisa Identifikasi Orang Paling Berisiko Terkena Penyakit Parah Covid-19


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WARSAWA. Ilmuwan Polandia menemukan gen yang mereka katakan memiliki risiko lebih dari dua kali lipat menjadi sakit parah saat terpapar Covid-19.

Penemuan ini, mereka harap bisa membantu dokter mengidentifikasi orang yang paling berisiko terkena penyakit parah ketika terjangkit virus corona.

Dengan keragu-raguan vaksin sebagai faktor utama di balik tingkat kematian akibat Covid-19 yang tinggi di Eropa Tengah dan Timur, para peneliti bilang, mengidentifikasi orang yang berisiko paling besar akan mendorong mereka untuk mendapatkan vaksin.

Dan, memberi mereka akses ke pilihan perawatan yang lebih intensif jika terinfeksi Covid-19.

"Setelah lebih dari satu setengah tahun bekerja, dimungkinkan untuk mengidentifikasi gen yang bertanggungjawab atas kecenderungan untuk menjadi sakit parah (saat terinfeksi Covid-19)," kata Menteri Kesehatan Polandia Adam Niedzielski.

Baca Juga: Peringatan WHO: Ada Risiko Lebih Besar dari Varian Baru Lebih Menular dan Mematikan

"Ini berarti, di masa depan kita akan bisa mengidentifikasi orang-orang dengan kecenderungan untuk menderita penyakit serius akibat Covid-19," ujarnya, Kamis (13/1), seperti dikutip Reuters.

Para peneliti dari Medical University of Bialystok, Polandia, menemukan, gen adalah faktor terpenting keempat yang menentukan seberapa serius seseorang menderita Covid-19, setelah usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Gen tersebut hadir di sekitar 14% populasi Polandia dibandingkan dengan 8%-9% di Eropa secara keseluruhan dan 27% di India, Marcin Moniuszko, profesor yang bertanggungjawab atas penelitian itu, mengungkapkan.

Penelitian lain juga menunjukkan faktor genetik dalam seberapa serius Covid-19 berkembang.

Pada November tahun lalu, para ilmuwan Inggris mengatakan, mereka telah mengidentifikasi versi gen yang mungkin terkait dengan dua kali lipat risiko gagal paru-paru akibat Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×