kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tim WHO kunjungi pasar Wuhan, lokasi infeksi Covid-19 pertama kali terdeteksi


Senin, 01 Februari 2021 / 05:35 WIB
Tim WHO kunjungi pasar Wuhan, lokasi infeksi Covid-19 pertama kali terdeteksi
ILUSTRASI. Tim WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengunjungi pasar Huanan pada hari Minggu (31/1/2021). REUTERS/Thomas Peter


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WUHAN. Tim ahli yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul Covid-19 mengunjungi pasar Huanan pada hari Minggu (31/1/2021), pusat makanan laut grosir yang sekarang ditutup di kota Wuhan di Tiongkok tempat virus corona baru awalnya terdeteksi.

Melansir Reuters, tim WHO tiba di Huanan di tengah keamanan yang ketat, dengan barikade tambahan didirikan di luar pagar biru tinggi yang mengelilingi pasar, dan langsung meninggalkan lokasi setelah melakukan pemeriksaan sekitar satu jam. Para ahli tidak menanggapi pertanyaan dari wartawan.

Sejak dibebaskan dari karantina dua minggu pada hari Kamis, tim WHO telah mengunjungi rumah sakit dan pasar, serta pameran untuk memperingati pertempuran Wuhan dengan virus, termasuk penguncian 76 hari di kota berpenduduk 11 juta itu.

“Kunjungan lokasi yang sangat penting hari ini - pasar grosir pertama & Pasar Makanan Laut Huanan sekarang. Sangat informatif & penting bagi tim gabungan kami untuk memahami epidemiologi Covid-19 yang mulai menyebar pada akhir 2019,” kata anggota tim Peter Daszak di Twitter seperti yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Selidiki asal usul virus corona, tim WHO akan kunjungi pasar Huanan di Wuhan

WHO, yang telah berusaha untuk mengatur ekspektasi untuk misi tersebut, mengatakan pada hari Jumat bahwa anggota tim akan dibatasi pada kunjungan yang diselenggarakan oleh tuan rumah China mereka dan tidak akan melakukan kontak dengan anggota komunitas, karena pembatasan kesehatan.

Tidak ada rencana perjalanan lengkap untuk dua minggu kerja lapangan tim yang telah diumumkan, dan jurnalis yang meliput kunjungan yang dikontrol ketat tersebut telah dibuat jauh dari anggota tim.

Akses publik ke Pasar Grosir Makanan Laut Huanan telah dibatasi sejak ditutup pada awal tahun lalu.

Baca Juga: Ini tempat-tempat yang akan dikunjungi tim WHO di Wuhan untuk menyelidiki Covid-19

Pada 31 Desember 2019, setelah empat kasus pneumonia misterius dikaitkan dengan pasar, pasar itu ditutup dalam semalam. Pada akhir Januari, Wuhan telah dikunci selama 76 hari.

Para ahli mengatakan pasar Huanan masih berperan untuk melacak asal-usul virus, sejak kelompok kasus pertama teridentifikasi di sana.

Penyelidikan yang dipimpin WHO di Wuhan telah diganggu oleh penundaan, kekhawatiran atas akses dan pertengkaran antara China dan Amerika Serikat, yang menuduh China menyembunyikan sejauh mana penyebaran wabah awal dan mengkritik ketentuan kunjungan, di mana para ahli China melakukan tahap pertama penelitian.

Asal-usul virus telah menjadi sangat dipolitisasi, dan beberapa diplomat China serta media pemerintah telah memberikan dukungan di balik teori bahwa virus tersebut berpotensi berasal dari negara lain.

Selanjutnya: Waspada! WHO bilang varian baru Covid-19 menyebar cepat di puluhan negara




TERBARU

[X]
×