kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Timor Timur melaporkan wabah demam babi Afrika pertama


Senin, 30 September 2019 / 20:10 WIB

Timor Timur melaporkan wabah demam babi Afrika pertama

KONTAN.CO.ID - PARIS. Timor Timur melaporkan wabah demam babi Afrika pekan lalu. Ini adalah kejadian pertama di negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia.

Kementerian Pertanian Timor Timur dalam laporan pada website Organisation for Animal Health (OIE) di Paris mengungkapkan bahwa wabah ini menewaskan total 405 babi peternakan rumah tangga di wilayahg kota Dili. 

Baca Juga: Waduh, wabah demam babi Afrika sudah sampai di Timor Leste

Negara yang berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Timur ini menambahkan total babi pada peternakan kecil di lokasi yang terkena dampak diperkirakan mencapai total 44.000. Angka ini berdasarkan sensus pada tahun 2015.

Sumber wabah atau asal infeksi tidak diketahui. Demam bagi Afrika tidak berbahaya bagi manusia, tetapi mematikan bagi babi. Saat ini belum tersedia vaksin untuk demam babi Afrika.

Baca Juga: Wabah demam babi menyerang, impor daging babi China melonjak 76% pada Agustus

Kasus ini muncul untuk pertama kalinya di China, lebih dari satu tahun lalu. Kasus demam babi Afrika ini telah melanda negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja dan Vietnam. Kerusakan parah terutama terjadi di China yang merupakan produsen babi terbesar dunia.


Sumber : Reuters
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Terpopuler

Close [X]
×