kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Trump menyerang Ford Motor karena tak dukung pembatalaan aturan efisiensi bahan bakar


Kamis, 22 Agustus 2019 / 10:04 WIB

Trump menyerang Ford Motor karena tak dukung pembatalaan aturan efisiensi bahan bakar
ILUSTRASI. Mobil FORD

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump meningkatkan serangannya terhadap produsen mobil pada hari Rabu, karena mereka tidak mendukung rencana pemerintah membatalkan aturan efisiensi bahan bakar era obama.

Trump secara terang menyerang Ford Motor Co agar mendukung kesepakatan California untuk lebih ketat dalam standar ekonomi bahan bakar.

Baca Juga: Sepakat tak beri sinyal pelonggaran, pandangan The Fed terpecah dalam penurunan bunga

Mengutip Reuters, Kamis (22/8) Ford merupakan salah satu dari empat pembuat mobil, bersama dengan Honda Motor Co, BMW AG dan Volkswagen AG (VOWG_p.DE), yang mencapai kesepakatan sukarela dengan California mengenai aturan efisiensi bahan bakar, menentang Trump dan upaya pemerintahannya untuk melepaskan hak untuk melawan perubahan iklim dengan menetapkan standarnya sendiri.

Aturan di bawah rencana California lebih longgar dari peraturan era Obama tetapi lebih ketat dari apa yang diusulkan Trump.

Trump mengatakan pendiri perusahaan Henry Ford akan sangat kecewa jika dia melihat keturunannya yang modern akan membuat mobil yang jauh lebih mahal, yang jauh lebih tidak aman dan tidak berfungsi dengan baik, karena eksekutif tidak ingin melawan aturan California .

Ford mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berfokus pada tindakan untuk melindungi lingkungan dan juga melindungi keterjangkauan kendaraan.

"Perjanjian dengan California ini memberikan stabilitas peraturan sambil mengurangi CO2 lebih dari memenuhi dua standar yang berbeda," katanya.

Tidak ada bukti bahwa aturan ekonomi bahan bakar yang ada akan menurunkan kinerja kendaraan. Dan para pencinta lingkungan dan banyak negara menentang pernyataan Trump bahwa aturan yang diusulkan pemerintahannya akan meningkatkan keselamatan kendaraan.

Baca Juga: Tensi perang dagang mereda, dolar AS kembali perkasa

Atau secara dramatis mengurangi harga kendaraan  dan berpendapat bahwa konsumen akan lebih menghemat biaya bahan bakar yang berkurang di bawah aturan Obama.

Jaksa Agung California Xavier Becerra menanggapi serangan Trump terhadap para pembuat mobil dengan mengatakan hal itu akan menghasilkan tambahan 540 juta metrik ton gas rumah kaca dan bahaya lainnya.

"Ini sepertinya bukan alternatif yang lebih baik bagi kita," katanya.

Gedung Putih telah mendesak pembuat mobil lain untuk tidak mendukung perjanjian California, sementara Demokrat telah memanggil dan menulis pembuat mobil mendesak mereka untuk menandatangani dengan California.

Badan Perlindungan Lingkungan pada hari Selasa mencemooh kerangka kerja sukarela, yang katanya "sejauh ini tidak lebih dari sebuah siaran pers."

Baca Juga: Trump: Naikkan pajak mobil Eropa, mereka bakal memberikan apapun yang saya minta

“Proposal saya kepada Perusahaan Otomotif yang benar secara politis akan menurunkan harga rata-rata mobil kepada konsumen lebih dari US$ 3.000, sementara pada saat yang sama membuat mobil-mobil secara substansial lebih aman. Mesin akan berjalan lebih mulus. Sangat sedikit dampaknya terhadap lingkungan! Para eksekutif bodoh! ”Trump tweeted sebelumnya.


Sumber : Reuters
Editor: Noverius Laoli
Video Pilihan


Close [X]
×