kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa Bersiap Jatuhkan Sanksi kepada Putri-putri Vladimir Putin


Rabu, 06 April 2022 / 05:49 WIB
Uni Eropa Bersiap Jatuhkan Sanksi kepada Putri-putri Vladimir Putin
ILUSTRASI. Uni Eropa saat ini tengah mendiskusikan penjatuhan sanksi terhadap putri-putri Presiden Rusia Vladimir Putin. Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Uni Eropa saat ini tengah  mendiskusikan penjatuhan sanksi terhadap putri-putri Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal tersebut diungkapkan oleh sejumlah orang yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut mereka, Uni Eropa mencoba untuk menanggapi pembunuhan warga sipil Ukraina dengan mundurnya tentara Rusia.

Melansir Bloomberg, daftar yang diusulkan, yang masih perlu disetujui oleh pemerintah Eropa dan dapat berubah sebelum itu terjadi, juga mencakup puluhan orang, termasuk tokoh politik, taipan dan anggota keluarga mereka, dan beberapa pelaku propaganda.

Memberi sanksi kepada kedua putri Putin, Katerina dan Maria, sebagian besar merupakan langkah simbolis karena tidak jelas mereka memiliki aset signifikan di luar Rusia. Akan tetapi, hal itu dirancang untuk mendapatkan perhatian presiden Rusia. 

Selama ini, kehidupan putri-putri Putin diselimuti kerahasiaan. Mereka memiliki nama gadis yang berbeda dan Kremlin tidak pernah mengkonfirmasi nama putrinya atau merilis foto-foto mereka sebagai orang dewasa.

Baca Juga: Presiden Ukraina: Rusia Melakukan Kejahatan Perang Terburuk sejak Perang Dunia II

Pada 2015, Putin mengungkapkan beberapa detail tentang putrinya, termasuk bahwa kedua wanita itu lulus dari universitas Rusia dan berbicara banyak bahasa.

Menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, Maria Vorontsova, putri sulungnya, adalah salah satu pemilik Nomenko, yang terlibat dalam proyek investasi swasta Rusia dalam perawatan kesehatan. 

Katerina Tikhonova menjalankan institut kecerdasan buatan di Universitas Negeri Moskow.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan melalui pesan teks bahwa dia tidak mengetahui proposal tersebut dan akan menunggu untuk melihat apa yang dipublikasikan secara resmi.

Baca Juga: Putin Dituduh Lakukan Pembantaian di Ukraina, Biden Desak Pengadilan Kejahatan Perang

Uni Eropa juga berencana untuk menargetkan lebih dari puluhan entitas di sektor pertahanan dan empat bank yang telah terputus dari sistem pembayaran global SWIFT tetapi belum sepenuhnya dikenai sanksi, termasuk VTB Bank PJSC. Blok ini juga mengusulkan larangan impor batubara Rusia.

Paket sanksi harus disetujui oleh 27 anggota Uni Eropa.




TERBARU

[X]
×