kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.429.000   20.000   1,42%
  • USD/IDR 15.419   16,00   0,10%
  • IDX 7.807   9,04   0,12%
  • KOMPAS100 1.184   -1,26   -0,11%
  • LQ45 957   -1,79   -0,19%
  • ISSI 227   0,57   0,25%
  • IDX30 488   -0,09   -0,02%
  • IDXHIDIV20 588   -0,44   -0,07%
  • IDX80 134   -0,22   -0,16%
  • IDXV30 139   -0,97   -0,69%
  • IDXQ30 163   -0,25   -0,15%

Usai Insiden Kebakaran, Korea Selatan Sertitifikasi Baterai Kendaraan Listrik


Minggu, 25 Agustus 2024 / 16:07 WIB
Usai Insiden Kebakaran, Korea Selatan Sertitifikasi Baterai Kendaraan Listrik
ILUSTRASI. Pekerja memotret kemasan sel baterai di kontainer di pabrik baterai kendaraan listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power usai diresmikan di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/7/2024). Pabrik sel baterai kendaraan listrik terbesar di Asia Tenggara itu dibangun oleh konsorsium perusahaan asal Korea Selatan Hyundai dan LG dengan total investasi senilai Rp160 triliun yang akan diselesaikan secara bertahap. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemerintah Korea Selatan dan partai berkuasa sepakat mempercepat program sertifikasi baterai kendaraan listrik. Strategi ini untuk meredakan kekhawatiran keselamatan publik setelah serangkaian kebakaran yang melibatkan kendaraan listrik.

Pemerintah akan memulai skema sertifikasi baterai pada bulan Oktober. "Lebih awal dari yang dijadwalkan, untuk membantu menjamin keamanan baterai kendaraan listrik," kata Han Zeea, juru bicara Partai Kekuatan Rakyat dikutip Reuters. Pemerintah juga setuju mewajibkan produsen mobil yang beroperasi di negara tersebut untuk mengidentifikasi baterai yang digunakan dalam kendaraan listrik.

Aturan yang lebih ketat akan diterapkan demi keselamatan kendaraan listrik. Langkah pemerintah ini untuk mendesak produsen mobil agar secara sukarela mengungkapkan informasi setelah kebakaran kendaraan listrik pada tanggal 1 Agustus yang merusak ratusan kendaraan dan menimbulkan kepanikan publik.

Baca Juga: NMDI Serahkan Unit Nissan Serena e-Power kepada Para Konsumen

Kebakaran terjadi secara spontan pada Mercedes-Benz EV dengan baterai Farasis Energy. Petugas membutuhkan waktu delapan jam untuk dipadamkan dan berdampak para kerusakan sekitar 140 mobil dan memaksa beberapa penghuni di apartemen di atas untuk pindah ke tempat penampungan.

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa perusahaan mobil secara sukarela mulai menyebutkan nama produsen baterai yang mereka gunakan.

Pembuat baterai Korea Selatan tidak punya alasan untuk menolak menyebutkan di mana sumber daya mereka digunakan, meskipun publik tidak boleh berasumsi baterai selalu menjadi penyebab kebakaran kendaraan listrik, sumber industri mengatakan kepada Reuters .

Para ahli meminta perusahaan mobil untuk mengidentifikasi baterai agar konsumen lebih banyak pilihan. Tetapi beberapa mempertanyakan bagaimana hal itu akan meningkatkan keselamatan mengingat kurangnya data pasti tentang merek baterai mana yang lebih rentan terhadap kebakaran.

"Sebagai bagian dari langkah-langkah keselamatan, pemerintah akan merevisi aturan peralatan pemadam kebakaran. Tempat parkir bawah tanah dengan stasiun pengisian daya kendaraan listrik harus dipasang sistem penyiram pipa basah di tempat parkir bawah tanah dengan stasiun pengisian daya kendaraan listrik. Selain itu daya harus ditingkatkan untuk mencegah pengisian daya berlebih," kata Han, juru bicara partai.

Baca Juga: Bakal Buka Pabrik, BYD Tengah Mengincar Insentif Paling Menguntungkan dari Meksiko

Kendaraan listrik tampaknya tidak mudah terbakar seperti yang mungkin ditunjukkan oleh berita utama baru-baru ini. Menurut data dikutip Reuters, kendaraan listrik memiliki risiko kebakaran yang lebih rendah daripada mobil konvensional.

Tetapi para ahli otomotif mengatakan kebakaran kendaraan listrik terjadi secara berbeda daripada kebakaran pada mobil dengan mesin pembakaran internal, sering kali berlangsung lebih lama dan lebih sulit dipadamkan karena cenderung menyala kembali.

Selanjutnya: Was-Was! Memanasnya Iklim Politik Pilkada Bisa Ganggu Investasi RI

Menarik Dibaca: Jus Penurun Berat Badan Paling Ampuh, Coba Konsumsi Yuk!




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×