kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,03   -19,46   -2.11%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Valuasi Apple Inc sentuh US$ 3 triliun di Hari Pertama Perdagangan Tahun Ini


Selasa, 04 Januari 2022 / 10:12 WIB
Valuasi Apple Inc sentuh US$ 3 triliun di Hari Pertama Perdagangan Tahun Ini
ILUSTRASI. Logo Apple. REUTERS/Edgar Su


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Apple Inc menjadi perusahaan pertama yang mencapai nilai pasar saham $3 triliun awal pekan ini, meskipun mengakhiri hari di bawah valuasi tersebut. investor bertaruh pembuat iPhone ini akan terus meluncurkan produk terlaris dengan mengeksplorasi pasar baru seperti mobil otomatis dan realitas virtual.

Pada hari pertama perdagangan pada tahun 2022, saham Apple mencapai rekor tengah hari tertinggi US$ 182,88, menempatkan nilai pasar Apple tepat di atas US$ 3 triliun. Namun, saham perusahaan tersebut mengakhiri sesi naik 2,5% pada US$ 182,01, dengan kapitalisasi pasar Apple sekitar US$ 2,99 triliun.

Perusahaan paling berharga di dunia mencapai tonggak sejarah karena investor bertaruh bahwa konsumen akan terus mengeluarkan dolar tinggi untuk iPhone, MacBook, dan layanan seperti Apple TV dan Apple Music. 

Di bawah Apple, ada Microsoft Corp yang sekarang bernilai sekitar $2,5 triliun. Alphabet Inc, Amazon.com Inc dan Tesla Inc memiliki nilai pasar di atas US$ 1 triliun. Saudi Arabian Oil Co bernilai sekitar US$ 1,9 triliun.

Baca Juga: Tidak Ada yang Bisa Menang, 5 Negara Ini Sepakat Menghindari Perang Nuklir

"Pasar memberi penghargaan kepada perusahaan yang memiliki fundamental dan neraca yang kuat, dan perusahaan yang mencapai kapitalisasi pasar besar semacam ini telah membuktikan bahwa mereka adalah bisnis yang kuat dan bukan spekulasi," kata Scott Wren, ahli strategi pasar global senior di Wells Fargo Investment Institute dikutip dari Reuters (4/12).

Saham Apple telah naik sekitar 5.800% sejak salah satu pendiri dan mantan kepala eksekutif Steve Jobs meluncurkan iPhone pertama pada Januari 2007, jauh melampaui kenaikan S&P 500 sekitar 230% selama periode yang sama.

Di bawah Tim Cook, yang pada 2011 menjadi kepala eksekutif setelah kematian Jobs, Apple telah meningkatkan pendapatannya secara tajam dari layanan seperti streaming video dan musik. Itu membantu Apple mengurangi ketergantungannya pada iPhone menjadi sekitar 52% dari total pendapatan pada tahun fiskal 2021 dari lebih dari 60% pada 2018, menyenangkan investor yang khawatir perusahaan terlalu mengandalkan produk terlarisnya.

Namun, beberapa investor khawatir Apple mencapai batas seberapa banyak ia dapat memperluas basis penggunanya dan berapa banyak uang tunai yang dapat diperoleh dari setiap pengguna, tanpa jaminan bahwa kategori produk di masa depan akan terbukti menguntungkan seperti iPhone.

Baca Juga: Hari ke-12 Lockdown Ketat, Kasus Covid-19 di Kota China Ini Mulai Turun

Pelukan cepat teknologi seperti 5G, realitas virtual, dan kecerdasan buatan juga telah meningkatkan daya pikat Apple dan perusahaan teknologi besar lainnya.

Di Cina, pasar smartphone terbesar di dunia, Apple terus memimpin untuk bulan kedua berturut-turut, mengalahkan pesaingnya seperti Vivo dan Xiaomi, menurut data terbaru dari CounterPoint Research.

Dengan Tesla yang sekarang menjadi pembuat mobil paling berharga di dunia karena Wall Street sangat bertaruh pada mobil listrik, banyak investor mengharapkan Apple untuk meluncurkan kendaraannya sendiri dalam beberapa tahun ke depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×