kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Vladimir Putin Bersumpah Akan Balas Dendam kepada Pengkhianat Yevgeny Prigozhin


Senin, 26 Juni 2023 / 05:32 WIB
Vladimir Putin Bersumpah Akan Balas Dendam kepada Pengkhianat Yevgeny Prigozhin
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk menyerang balik Yevgeny Prigozhin. Sputnik/Gavriil Grigorov/Kremlin via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

MOSCOW MEMANAS - Ketika barisan tentara bayaran bergerak dengan kecepatan kilat menuju Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk menyerang balik Yevgeny Prigozhin. Prigozhin merupakan pemimpin kelompok tentara bayaran Wagner, yang melancarkan serangan luar biasa terhadap pemerintahannya sendiri.

Mengutip Yahoo News, dalam sambutannya pada Sabtu pagi dari Kremlin, Putin mengecam "petualangan kriminal" Prigozhin sebagai "pemberontakan bersenjata" yang akan ditanggapi dengan tanggapan dari pasukan reguler Rusia.

“Setiap tindakan yang memecah belah bangsa kita pada dasarnya adalah pengkhianatan terhadap rakyat kita, terhadap rekan seperjuangan kita yang sekarang bertempur di garis depan. Ini adalah pisau di belakang negara kami dan rakyat kami,” kata Putin, merujuk pada warisan berdarah revolusi Bolshevik tahun 1917.

Putin menambahkan, “Tindakan kami untuk mempertahankan Tanah Air dari ancaman ini akan sangat keras.” 

Sementara itu, rekaman video yang beredar di media sosial menunjukkan posisi defensif didirikan dengan tergesa-gesa saat mendekati Moskow.

Namun, pada hari Sabtu, Prigozhin mengumumkan bahwa barisan pasukan akan menghentikan gerak majunya ke Moskow. Dia mengatakan tujuannya adalah untuk menghindari pertumpahan darah di Rusia. 

Dia tidak mengatakan apakah Kremlin menyetujui permintaannya untuk mengganti kepemimpinan militer Rusia.

Baca Juga: Rusia Memanas, Bagaimana Nasib WNI di Negara Beruang Merah?

Siapakah Prigozhin?

Putin melancarkan invasi tanpa alasan ke Ukraina pada awal 2022, hanya untuk melihat apa yang dia dan para jenderalnya pikir akan menjadi perang yang berlangsung dengan cepat.

Meskipun kurang memiliki pengalaman militer, Prigozhin adalah salah satu dari sedikit pejabat Kremlin yang bersedia mengambil inisiatif. 

Raja katering yang menjadi pemimpin tentara bayaran merekrut pasukan Wagnernya langsung dari penjara Rusia, menjanjikan kebebasan dengan imbalan layanan. 

Karena kurang pelatihan, pasukan Wagner yang tewas dalam perang dengan Ukraina berjumlah ribuan orang. Akan tetapi, tentara bayaran ini juga memperoleh keuntungan penting di sekitar kota Bakhmut, Ukraina selatan.

Prigozhin telah lama berseteru dengan Kementerian Pertahanan, yang dia tuduh memiliki kepemimpinan militer dan logistik yang buruk. Persaingan itu meledak pada hari Jumat, ketika dia menyerang pasukan reguler Rusia yang menembaki posisi Wagner di wilayah Ukraina yang diduduki.

Baca Juga: Tentara Ukraina Puji Kemampuan Howitzer M119 Pemberian AS




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×