kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wabah Pneumonia Anak Banyak Dilaporkan di Rumah Sakit China, Bikin Ilmuwan Cemas!


Kamis, 23 November 2023 / 06:49 WIB
Wabah Pneumonia Anak Banyak Dilaporkan di Rumah Sakit China, Bikin Ilmuwan Cemas!
ILUSTRASI. Rumah sakit di China kebanjiran anak-anak yang sakit, ketika wabah pneumonia mengalami peningkatan di kota-kota di seluruh China


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Rumah sakit di China "kebanjiran" anak-anak yang sakit, ketika wabah pneumonia mengalami peningkatan di kota-kota di seluruh China, termasuk Beijing.

Melansir The Telegraph, ProMed – sebuah sistem surveilans besar yang tersedia untuk umum yang memantau wabah penyakit pada manusia dan hewan di seluruh dunia – mengeluarkan pemberitahuan pada Selasa (21/11/2023) malam yang merinci laporan epidemi pneumonia yang tidak terdiagnosis pada anak-anak.

Peringatan ProMed pada akhir Desember 2019-lah yang memperkenalkan virus misterius yang kemudian diberi nama Sars-Cov-2 menjadi perhatian banyak dokter dan ilmuwan, termasuk pejabat senior di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Postingan terbaru, berdasarkan laporan dari outlet Taiwan FTV News, mengatakan bahwa rumah sakit di ibu kota Beijing dan Liaoning, terlihat kewalahan menangani banyaknya anak-anak yang dirawat karena menderita pneumonia.

“Banyak sekali yang dirawat di rumah sakit,” kata Wei, seorang warga Beijing, kepada FTV News. “Mereka tidak batuk dan tidak menunjukkan gejala. Mereka hanya mengalami suhu tinggi (demam) dan banyak yang mengalami bintil paru.”

Dalam catatan editornya, ProMed mengatakan: “Laporan ini menunjukkan merebaknya wabah penyakit pernafasan yang tidak terdiagnosis secara luas. Sama sekali tidak jelas kapan wabah ini dimulai karena tidak biasa jika banyak anak-anak terkena penyakit ini dalam waktu yang begitu cepat. Laporan tersebut tidak mengatakan bahwa ada orang dewasa yang terkena dampaknya, menunjukkan adanya paparan di sekolah.”

Baca Juga: Xi Jinping Ingin Lebih Banyak Perusahaan Prancis Berinvestasi di China

Peringatan tersebut menambahkan bahwa informasi yang lebih pasti diperlukan untuk menentukan penyebab dan cakupannya.

Namun, wabah ini mungkin terkait dengan Mycoplasma pneumoniae, yang juga dikenal sebagai “pneumonia berjalan”, yang dilaporkan melonjak ketika China memasuki musim dingin pertamanya tanpa menerapkan lockdown ketat terhadap Covid-19.

Negara-negara lain, termasuk Inggris dan AS, mengalami lonjakan penyakit serupa seperti RSV dan flu setelah pembatasan pandemi dicabut, karena pengetatan sirkulasi selama bertahun-tahun berdampak pada kekebalan masyarakat.

Gejala pneumonia berjalan – yang umumnya menyerang anak kecil – meliputi sakit tenggorokan, kelelahan, dan batuk berkepanjangan yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Dalam kasus yang parah, penyakit ini pada akhirnya dapat memburuk menjadi pneumonia.

Baca Juga: Gandeng Arab Saudi, Ini Aksi Terbaru Dedolarisasi China




TERBARU

[X]
×