kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga India baluri tubuh dengan kotoran sapi sebagai obat kebal Covid-19


Rabu, 12 Mei 2021 / 09:21 WIB
Warga India baluri tubuh dengan kotoran sapi sebagai obat kebal Covid-19
ILUSTRASI. Terapi kotoran sapi dipercaya akan meningkatkan kekebalan melawan penyakit virus Corona (Covid-19) di Shree Swaminarayan Gurukul Vishwavidya Pratishthanam Gaushala atau penampungan sapi di pinggiran Ahmedabad, India, 9 Mei 2021.


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. Warga India meyakini, kotoran sapi dapat menangkal Covid-19. Menanggapi fenomena ini, dokter di India memperingatkan praktik penggunaan kotoran sapi berbahaya karena bisa berisiko menyebarkan penyakit lain. Dokter juga bilang, hingga saat ini, tidak ada bukti ilmiah untuk keefektifannya.

Reuters memberitakan, pandemi virus corona telah menyebabkan kehancuran di India, di mana saat ini total kasus sudah mencapai 22,66 juta dengan angka kematian mencapai 246.116 kasus. 

Para ahli mengatakan, jumlah sebenarnya bisa lima hingga 10 kali lebih tinggi, dan warga di seluruh negeri berjuang untuk mendapatkan tempat tidur rumah sakit, oksigen, atau obat-obatan. Sehingga, banyak warga yang meninggal akibat kurangnya perawatan.

Di negara bagian Gujarat di India barat, beberapa orang yang percaya telah pergi ke tempat penampungan sapi seminggu sekali untuk membaluri tubuh mereka dengan kotoran dan air kencing sapi dengan harapan hal itu akan meningkatkan kekebalan mereka atau membantu mereka pulih dari virus corona.

Baca Juga: Mengejutkan! Puluhan jenazah memenuhi tepian Sungai Gangga India

Reuters memberitakan, dalam agama Hindu, sapi adalah simbol suci kehidupan dan bumi. Dan selama berabad-abad, umat Hindu telah menggunakan kotoran sapi untuk membersihkan rumah mereka dan untuk ritual doa, karena dipercaya memiliki khasiat terapeutik dan antiseptik.

"Kami melihat ... bahkan dokter datang ke sini. Keyakinan mereka adalah bahwa terapi ini meningkatkan kekebalan mereka dan mereka dapat pergi dan merawat pasien tanpa rasa takut," kata Gautam Manilal Borisa, seorang manajer asosiasi di sebuah perusahaan farmasi, yang mengatakan praktik tersebut membantunya pulih dari Covid-19 tahun lalu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×