kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO Bocorkan Cara Agar Pandemi Covid-19 Bisa Hilang di 2022


Selasa, 21 Desember 2021 / 08:49 WIB
WHO Bocorkan Cara Agar Pandemi Covid-19 Bisa Hilang di 2022
ILUSTRASI. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom WHO meminta dunia untuk bersatu dan membuat keputusan sulit yang diperlukan agar dapat mengakhiri pandemi Covid-19 pada tahun depan. Fabrice Coffrini/Pool via REUTERS


Sumber: AFP | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin (20/12/2021) meminta dunia untuk bersatu dan membuat keputusan sulit yang diperlukan agar dapat mengakhiri pandemi Covid-19 pada tahun depan.

"2022 harus menjadi tahun kita mengakhiri pandemi," kata direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa seperti yang dilansir dari AFP.

Menjelang perayaan akhir tahun, Tedros mengakui bahwa semua warga dunia ingin menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. "Kita semua ingin kembali normal," imbuhnya.

Tetapi, katanya, untuk kembali normal, kita perlu melindungi diri kita sekarang karena kasus-kasus, yang dipicu oleh varian Omicron yang menyebar cepat, terus melonjak.

Sejak pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan pada November, Omicron telah diidentifikasi di puluhan negara, sehingga membuyarkan harapan bahwa pandemi terburuk telah berakhir.

Baca Juga: WHO: Kasus Omicron Berlipat Ganda dalam 1,5 hingga 3 Hari

Meskipun ada indikasi bahwa itu tidak lebih parah daripada varian Delta -- yang hingga kini masih merupakan strain yang dominan -- Omicron memiliki transmisibilitas yang lebih tinggi dan resistensi yang mengkhawatirkan terhadap vaksin.

Dengan kasus yang meningkat pesat, Tedros menekankan lebih baik membatalkan acara kumpul-kumpul sekarang dan merayakannya nanti daripada merayakan sekarang dan berduka nantinya.

"Kita harus fokus sekarang untuk mengakhiri pandemi ini," jelasnya.

Baca Juga: Peneliti Inggris: Tidak Ada Bukti Varian Omicron Lebih Ringan dari Delta

Tedros bersikeras, untuk menghentikan pandemi membutuhkan penggunaan semua alat yang kita miliki, mulai dari vaksin hingga pemakaian masker dan jarak fisik.

Dan mungkin yang paling penting, dunia perlu mengakhiri ketidakadilan yang mencolok dalam akses ke vaksin.

"Jika kita ingin mengakhiri pandemi di tahun mendatang, kita harus mengakhiri ketidakadilan," katanya. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×