kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO cemas amnesia Covid-19 akan menyebabkan pandemi dunia lainnya


Selasa, 01 Desember 2020 / 13:33 WIB
WHO cemas amnesia Covid-19 akan menyebabkan pandemi dunia lainnya


Sumber: The Straits Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JENEWA. Ahli kesehatan darurat utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Senin (30/11/2020), dunia berisiko mengalami pandemi di masa depan jika masyarakat menderita amnesia dan tidak belajar dari krisis virus corona saat ini.

"Saya telah melihat amnesia yang tampaknya dialami dunia setelah peristiwa traumatis, dan itu bisa dimengerti," kata Mike Ryan dalam sebuah pengarahan di Jenewa.

"Tetapi jika kita melakukan ini lagi seperti yang kita lakukan setelah SARS, seperti yang kita lakukan setelah H5N1, seperti yang kita lakukan setelah pandemi H1N1, jika kita terus mengabaikan kenyataan tentang apa yang muncul dan patogen berbahaya dapat lakukan terhadap peradaban kita, maka kita cenderung mengalami hal yang sama atau lebih buruk lagi dalam hidup kita," katanya.

Ryan juga mengecam negara-negara maju, mengatakan bahwa negara-negara utara telah menjalankan sistem perawatan kesehatan "seperti maskapai penerbangan berbiaya rendah" dan bahwa dunia sekarang harus membayarnya.

Baca Juga: WHO: Kita harus belajar hidup dengan virus corona

"Di utara, karena model biaya untuk sistem kesehatan, kita telah merancang sistem kesehatan untuk diberikan dengan efisiensi 95%, 98%, hingga 100%. Ini hampir seperti model maskapai penerbangan berbiaya rendah untuk pemberian layanan kesehatan," kata Ryan kepada The Straits Times.

"Nah, kita membayar harga untuk itu sekarang, tidak memiliki kapasitas lonjakan ekstra yang dibangun ke dalam sistem - melihat kesehatan sebagai pusat biaya dalam ekonomi kita, melihat kesehatan sebagai penguras pembangunan, menyeret kembali ekonomi, dan kita perlu membahas kembali apa artinya itu," papar Ryan panjang lebar.

Baca Juga: WHO tinjau ulang definisi kontak dekat dengan orang terjangkit virus corona, kenapa?




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×