kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45737,68   -4,70   -0.63%
  • EMAS1.016.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.24%
  • RD.CAMPURAN -0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.06%

Wow, Christie bakal lelang kerangka Tyrannosaurus Rex terbesar berusia 67 juta tahun


Rabu, 16 September 2020 / 16:50 WIB
Wow, Christie bakal lelang kerangka Tyrannosaurus Rex terbesar berusia 67 juta tahun
Kerangka Tyrannosaurus Rex yang dinamai 'STAN' dipamerkan menjelang lelang publiknya di Christie's, New York, 15 September 2020.

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Rumah lelang Inggris Christie berencana menjual kerangka dinosaurus. Mengutip Reuters, rumah lelang tersebut memang akan melelang kerangka salah satu Tyrannosaurus Rex terbesar yang diketahui pada awal Oktober mendatang. 

Christie telah memperkirakan nilai dinosaurus tersebut antara US$ 6 juta hingga US$ $ 8 juta.

Dinosaurus yang dikenal sebagai "STAN" tersebut berusia sekitar 67 juta tahun dan ditemukan pada tahun 1987 di South Dakota oleh ahli paleontologi amatir Stan Sacrison.

"Dia menunjukkannya kepada para ilmuwan pada saat itu yang sayangnya salah mengartikannya sebagai triceratops," kata James Hyslop, Kepala Ilmu Pengetahuan dan Sejarah Alam Christie, kepada Reuters, Rabu (16/9).

Baca Juga: Lelang barang seni menurun, peminat bisa mendapatkan koleksi di harga yang lebih baik

Triceratops tetap relatif umum di dunia paleontologi, sehingga tulang gagal menarik banyak perhatian sampai Sacrison membawanya ke Black Hills Institute di South Dakota pada tahun 1992.

"Para peneliti di sana dengan cepat menyadari bahwa mereka memiliki sesuatu yang istimewa di tangan mereka," lanjut Hyslop. Mereka pun mengkategorikan STAN sebagai T-rex dan melakukan pencarian baru untuk mengungkap sisa tulangnya. 

Para ilmuan akhirnya menemukan 188 dari total 300 tulang yang diperkirakan untuk kerangka T-rex. Kebanyakan kerangka T. rex dipegang oleh museum dan institusi swasta. 

Nah, lelang ini menjadi kesempatan bagi kolektor atau institusi swasta untuk memperoleh tulang tersebut, kata Christie.

STAN memiliki panjang 40 kaki dan tinggi 13 kaki. Dia juga terkenal karena dua ilmuwan tulang yang menyatu telah diidentifikasi di lehernya, menunjukkan dinosaurus mematahkan lehernya dan bertahan selama hidupnya. “Petunjuknya ada pada namanya, Tyrannosaurus rex,” kata Hyslop. "Dia adalah raja kadal tiran."

Baca Juga: Replika dengan teknologi digital lukisan Leonardo Da Vinci di Museum Mandiri

Christie akan memamerkan dinosaurus ini dari Rabu hingga pertengahan Oktober di lokasinya di Manhattan, New York. Perusahaan juga berencana untuk membuka pesanan tampilan jauh secara sosial untuk publik.

“Kami memiliki tengkorak yang ditampilkan di permukaan tanah sehingga Anda dapat benar-benar dekat dan secara pribadi dengannya dan hanya melihat gerigi di giginya,” lanjut Hyslop. “Gigi terpanjangnya sepanjang 11 inci. Mengerikan untuk dilihat. "

 

Selanjutnya: Peminat Investasi Lukisan hingga Berlian Turun

 



TERBARU

[X]
×