kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Yunani akhirnya sukses mengakhiri program bailout


Senin, 20 Agustus 2018 / 05:03 WIB
Yunani akhirnya sukses mengakhiri program bailout
ILUSTRASI. Uang euro - Krisis ekonomi Yunani

Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - ATHENS. Yunani berhasil keluar dari program bailout selama tiga tahun terakhir. Program bailout itu disepakati pada Agustus 2015 untuk membantu menanggulangi dampak lanjutan dari krisis utang.

Kesuksesan Yunani bangkkit dari kebangkrutan itu diumumkan oleh Euro Stability Menchanism (ESM). Yunani memang menggunakan "jasa" lembaga keuangan bentukan negara-negara anggota Masyarakat Uni Eropa khusus untuk membantu anggotanya yang sedang tertimpa musibah keuangan itu. 


"Hari ini kita dapat dengan aman menyimpulkan program ESM dengan tidak ada lagi program penyelamatan lanjutan. Untuk pertama kalinya sejak awal 2010, Yunani dapat berdiri sendiri," Mario Centeno, Ketua Dewan Gubernur ESM, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Keberhasilan ini dimungkinkan berkat upaya luar biasa dari rakyat Yunani sendiri, kerjasama yang baik dengan pemerintah Yunani saat ini, dan dukungan mitra Eropa melalui pinjaman dan keringanan utang," katanya.

ESM telah mencairkan 61,9 miliar euro selama tiga tahun untuk mendukung penyesuaian makroekonomi dan rekapitalisasi bank.

Sebesar 24,1 miliar euro yang sebetulnya sudah dialokasikan untuk Athena di bawah program itu, ternyata tidak perlu dicairkan lagi, kata dana itu.


Tag

Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×