kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.606
  • SUN103,53 -0,27%
  • EMAS601.968 -0,33%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Amazon ikut lelang hak siar Liga Inggris

Senin, 08 Januari 2018 / 11:17 WIB

Amazon ikut lelang hak siar Liga Inggris

Soccer Football - Carabao Cup Second Round - Brighton & Hove Albion vs Barnet - Brighton, Britain - August 22, 2017 General view during the match Action Images via Reuters/Peter Cziborra EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or "live" services. Online in-match use limited to 45 images, no video emulation. No use in betting, games or single club/league/player publications. Please contact your account representative for further details.

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Peritel online Amazon.com Inc berupaya menggeber bisnis layanan video streaming. Amazon berencana ikut lelang hak siar streaming pertandingan Liga Premier Inggris, liga sepakbola paling populer sejagat.

Menurut sumber Bloomberg, ini merupakan salah satu strategi Amazon agar bisa memperoleh banyak konten olahraga bagi pelanggan global.

Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut menilai, memiliki siaran acara olahraga seperti rugbi, tenis dan sepakbola bisa membuat lebih banyak orang berlangganan keanggotaan Amazon Prime. Termasuk layanan video streaming dan mengubah pelanggan menjadi pembeli loyal.

Minat Amazon ikut lelang hak siar Liga Premier Inggris tidak mengejutkan analis media Richard Broughton dari Ampere Analysis. "Sangat mungkin Amazon mengajukan penawaran untuk salah satu paket kecil dalam hal live Liga Premier," ujar dia.

Liga Premier Inggris menawarkan tujuh paket lelang yang diperkirakan selesai pada bulan depan. Namun ada perubahan tiap paket dari 32 pertandingan menjadi 20 pertandingan. Broughton mengatakan, Amazon juga tertarik menambahkan portofolio olahraga lain yang popularitasnya mirip-mirip dengan Liga Premier Inggris. Liga sepakbola juga memiliki banyak penonton di AS.

Menggaet pelanggan

Layanan streaming Amazon untuk olahraga sejauh ini fokus pada tenis dan National Football League (Liga Football Amerika). Olahraga ini kurang menarik jika dilihat dari kebutuhan penonton Inggris yang lebih tertarik pada sepakbola.

Amazon baru-baru ini juga mencapai sebuah kesepakatan untuk menghasilkan serial dokumenter bersama dengan Manchester City pemimpin klasemen Liga Inggris saat ini. Kerjasama ini yang mungkin memicu gagasan Amazon memperoleh hak siar sepakbola secara langsung.

Lelang hak siar Liga Inggris pada 2015 silam telah menarik dana 5,1 miliar atau setara US$ 6,9 miliar selama tiga musim kompetisi. Amazon harus bersaing dengan Sky dan BT yang rutin mengajukan penawaran hak siar.

Amazon menolak berkomentar soal ini. Namun dalam sebuah pernyataan pada November 2017 lalu, Amazon menyebut akan terus menambah konten yang diinginkan oleh member Amazon Prime.

Amazon menyatakan kepada investornya bahwa investasi besar pada video akan terbayar dengan banyaknya orang bergabung dengan Amazon Prime. Costumer Intelligence Research Partners yang melakukan survei kuartalan terhadap pembeli Amazon, menyebutkan, konsumen di Amazon paling loyal dan paling sering menggunakan layanan Amazon di Amerika Serikat (AS).

Manajemen Liga Primer Inggris menolak berkomentar soal rencana Amazon tersebut. Hanya saja, tim negosiasi kecil Liga Premier Inggris, berharap ada perusahaan digital mengajukan penawaran lelang hak siar.


Reporter Avanty Nurdiana
Editor : Rizki Caturini

HAK SIAR

Berita terbaru Internasional

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel Santika Hayam Wuruk
07 March 2018 - 08 March 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy
Close [X]