kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangkrut, Gubernur Michigan ambilalih Kota Detroit


Sabtu, 02 Maret 2013 / 18:02 WIB
Bangkrut, Gubernur Michigan ambilalih Kota Detroit
ILUSTRASI. OJK akan melakukan moratorium penerbitan izin pinjaman online (pinjol).


Reporter: Amal Ihsan Hadian | Editor: Amal Ihsan

MICHIGAN. Pemerintah Negara Bagian Michigan akan mengambilalih administrasi fiskal Detroit. Rick Snyder, Gubernur Michigan, mengumumkan deklarasi untuk mengambilalih wewenang anggaran Detroit akibat ancaman kebangkrutan yang menimpa kota tempat kelahiran industri otomotif Amerika Serikat tersebut

Gubernur asal Partai Republik itu menyatakan Detroit menghadapi keadaan darurat fiskal. Dalam waktu dekat, Snyder akan menunjuk seorang manajer darurat untuk mengurusi manajemen bujet Detroit. Manajer nanti akan melakukan audit untuk menentukan apakat Detroit harus mengajukan kebangkrutan kota terbesar dalam sejarah AS.

Ekonomi Detroit yang anjlok membuat orang ramai-ramai pindah ke kota lain. Detroit telah menghadapi penurunan populasi curam dalam beberapa dekade terakhir. Setelah menjadi kota AS terbesar kelima dan batu loncatan untuk ikon musik dunia seperti Michael Jackson dan Diana Ross, sekarang Detroit hanya menempati urutan ke-18 dalam ukuran dengan sekitar 700.000 orang.

"Waktu untuk mengatakan kita harus menghentikan masalah ini," kata Snyder sebuah forum warga di sebuah stasiun televisi Detroit publik. "Ada orang yang baik yang telah memiliki banyak rencana, banyak upaya untuk membalikkan keadaan ini tetapi mereka belum bekerja," katanya.

Laporan yang diterima Snyder menyatakan terjadi "disfungsi operasional" di pemerintah kota Detroit, dengan utang sebesar $14 miliar dan defisit anggaran fiskal tahun berjalan  yang mencapai $ 100 juta.

Detroit Walikota Dave Bing tidak menghadiri forum warga, juga tidak anggota dewan kota Detroit. Pada Jumat (1/3) lalu, mayoritas dewan kota mengatakan akan melawan keputusan Snyder, tetapi tidak menjelaskan bagaimana membalikkan keadaan kota yang amburadul.

Sementara Snyder membuat pengumuman di kampus Wayne State University, demonstran  berkumpul sekitar dua mil jauhnya di balai kota Detroit, mencengkeram spanduk yang menolak campur tangan negara bagian Michigan. "Snyder, pulang saja!", "Ini adalah pengambilalihan paksa!", adalah sebagian bunyi spanduk tersebut.

Nasib Detroit dimonitor dengan ketat oleh pemerintah federal, negara bagian dan media seluruh negeri karena menjadi contoh kota yang gagal berjuang untuk pulih dari resesi mendalam ekonomi AS.

Calon Manajer

Snyder belum mengidentifikasi calon manajer untuk menjalankan Detroit atau mengatakan apakah orang tersebut berasal dari Michigan. Beberapa warga dan pengamat politik mengatakan, ia harus menunjuk seorang yang berkulit hitam (Afrika-Amerika) untuk mengelola kota, yang 83% warganya berkulit hitam.

Snyder sendiri mengindikasikan manajer darurat fiskal tersebut harus memiliki pengalaman yang luas da kemampuan menjalin hubungan, memiliki pengetahuan keuangan yang kuat, pengetahuan hukum yang baik, dan kemampuan untuk mmembangun tim dan bekerja sama. Snyder mengakui, sebenarnya banyak orang yang memenuhi syarat tersebut, tetapi tidak menginginkan pekerjaan yang kontroversial itu.

Manajer darurat harus memiliki kekuatan untuk mengembangkan rencana keuangan, merevisi atau menolak anggaran kota, mengkonsolidasikan departemen, mengurangi atau menghilangkan gaji pejabat terpilih, menjual aset yang memenuhi syarat, memberhentikan pekerja dan negosiasi ulang kontrak pekerja.

Warga kota marah, putus asa dan pasrah.

Walikota Detroit Dave Bing, bekas pemain basket profesional dan mantan eksekutif perusahaan baja, berterus-terang, ia tidak mendukung hadirnya manajer fiskal darurat tetapi akan mencoba untuk bekerja dengan negara bagian Michigan.

"Jika, pada kenyataannya, penunjukan manajer darurat baik menstabilkan fiskal kota dan mendukung restrukturisasi serta inisiatif untuk meningkatkan kualitas hidup bagi warga kami, maka saya pikir ada cara bagi kita untuk bekerja sama," katanya. Bing mengeluh, bagian dari krisis keuangan Detroit berasal dari pemotongan dana federal untuk kota.

Mayoritas penduduk Detroit yang berkulit hitam membenci pengambilalihan kota oleh negara bagian. Karen Lewis misalnya, 49 tahun, seorang manajer di sebuah toko makanan cepat saji, merasa marah atas pengambilalihan kota yang didominasi orang kulit hitam dan berafiliasi ke Partai Demokrat oleh pemerintah negara bagian yang didominasi kulit putih dan Republik. "Tidak perlu orang jenius untuk tahu apa ini," kata Lewis, yang berkulit hitam. "Orang-orang kulit putih itu hanya ingin uang kami dan tanah kami".

Tapi Bernard Ragin, 41 tahun, juga orang kulit hitam, mengatakan, dia lelah hidup di sebuah kota yang telah melihat runtuhnya layanan dasar. "Saya tidak peduli siapa perbaikan Detroit, asalkan pekerjaan lampu jalan dan polisi datang tepat waktu," katanya.

Pejabat Detroit sekarang memiliki 10 hari untuk meminta sidang dengan gubernur tentang keputusannya. Snyder mengatakan sidang akan diadakan pada tanggal 12 Maret. Sembilan-anggota dewan kota telah menyatakan akan berpendapat bahwa Detroit tidak perlu memiliki manajer darurat dan bakal mengajukan banding atas keputusan itu di pengadilan negara bagian.

Setelah sidang, Snyder akan mengkonfirmasi atau mencabut deklarasi darurat. Jika ia menegaskan keadaan darurat, seperti yang diharapkan, pengelolaan urusan fiskal Detroit akan kembali ke dewan yang terdiri dari tiga pejabat negara yang akan ditunjuk Snyder. Dewan secara resmi akan menunjuk seorang manajer darurat, meskipun dalam prakteknya Snyder akan membuat keputusan akhir.

Bloomberg




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×